02 Menang di TPS Wali Kota dan Bupati

151
NYOBLOS. Wali Kota Tasika H Budi Budiman dan Istri Hj Eti Attiah nyoblos di TPS 34 Cipedes. foto-foto: Firgiawan-DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

TASIK- Pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34 Kelurahan Cipedes Kecamatan Cipedes, tepatnya di lokasi kediaman Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyalurkan hak pilih.

Lokasi TPS yang berada tepat di belakang Masjid Besar Bojong tersebut, raihan suara nomor 02 unggul dengan perolehan 85 suara. Sementara Jokowi-Amin meraih sebanyak 35 suara. “Suara sah di TPS ini sebanyak 120 suara, dari keseluruhan 124 suara. 4 suara tidak sah,” ucap Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Reisa Pebriane di sela penghitungan suara, Rabu (17/4).

Dari angka partisipasi tersebut, kata dia, antusias pemilih terbilang tinggi. Mengingat terhitung sebanyak 124 suara yang masuk, dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 34 sebanyak 129 orang. “Dari 129 DPT ada sebanyak 124 pemilih yang hadir. Mereka yang berhalangan hadir karena sakit, kuliah, domisili di luar kota,” tuturnya.

Estimasi waktu penghitungan setiap jenis surat suara, kata dia, membutuhkan satu jam. Dalam kesempatan itu, proses hitung suara memasuki tahap kedua yakni penghitungan perolehan suara DPR RI. “Terakhir kami hitung perolehan suara DPR RI, partai Gerindra calon nomor 2 unggul di sini,” terangnya.

Hal serupa terjadi di TPS 13 Perum Garunggang Kelurahan /Kecamatan Indihiang yang menjadi tempat Wakil Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf melakukan pencoblosan.

Setelah panitia TPS melakukan penghitungan, pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan raihan suara 150. Sementara Jokowi-Amin hanya mendapatkan suara 76. Ada empat suara tidak sah pada pemungutan suara di TPS tersebu dari jumlah 266 DPT.

Sementara itu, di TPS 12 di Kampung Sukahaji Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Dimana TPS tersebut menjadi tempat Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto bersama keluargaa mencoblos.

Hasilnya pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi menang dengan 108 suara. Sedangkan Jokowi-Amin meraih 71 suara.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 12 Kampung Sukahaji Desa Singasari Kecamatan Singaparna Arif Gumelar menjelaskan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 12 sebanyak 271 pemilih.

Untuk data pemilih di DPTb dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) tidak ada. Dari hasil perhitungan capres dan cawapres, hasilnya pasangan nomor urut 01 Jokowi- Amin mendapat 71 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi 108. Sisanya 92 suara ada yang tidak sah, karena tidak dicoblos dan ada yang mencoblos dua-duanya. Kemudian ada pemilih yang tidak hadir ke TPS. “Jadi yang menang di TPS 12 ini adalah pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi,” ungkap Arif, kepada Radar, Rabu (17/4).

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP sendiri saat mencoblos di TPS 12 di Kampung didampingi menantunya Aditya Billi Fajar Permana, Istri Ai Diantani Sugianto dan kedua anaknya Alferio Yugo Soegianto dan Violetta Meitrie Soegianto.

Usai mencoblos Ade menyampaikan bahwa Pemilu serentak bukan hanya masalah ajang kontestasi. “Pilih a, pilih b, pilih siapa. Tetapi merupakan pendidikan politik bagi masyarakat,” ujar Ade kepada wartawan kemarin.

Menurut Ade, suksesnya penyelenggaraan pemilu, tidak hanya diukur dari sekadar aman dalam penyelenggaraan. Tetapi secara substansi yaitu makin meningkatnya partisipasi publik.

“Karena semakin tinggi partisipasi publik, semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat dalam berpolitik. Semakin tinggi kesadaran politik. Semakin tinggi tanggung jawab setiap warga negara terhadap lingkungannya dan terhadap negara,” paparnya.

Sehingga, kata Ade, diharapkan ajang Pemilu menjadi ajang kegembiraan bersama dalam rangka menyambut pemilihan. Juga menjadi ajang silaturahmi dan pendidikan politik. (igi/dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.