1.024 PNS Pensiun, Siapkan Pemetaan

365
0
Ilustrasi

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya pada 2017-2018 akan kehilangan 1.024 Pegawai Negeri Sipil (PNS) struktural dan fungsional yang pensiun.
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya Yantana SIP MSi menjelaskan pada 2017 ada 582 PNS yang pensiun. Sedangkan pada 2018 ada 442 PNS. Jadi totalnya ada 1.024 PNS yang akan berhenti menjadi abdi negara. “Kebanyakan yang pensiun adalah guru PNS di SD dan SMP di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Yantana saat diwawancara Radar di Setda Kabupaten Tasikmalaya kemarin (15/11).
Kepala Bidang Data Perencanaan dan Pengendalian Pegawai BKD Kabupaten Tasikmalaya Ari Fitriadi SSTP MSi menjelaskan banyaknya PNS yang pensiun otomatis ada kekurangan pegawai. “Kita sudah menghitung dan memetakan. Kita mencoba taat kepada sistem. Sistem yang kita pakai sistem pemenuhan kebutuhan berbasis struktur,” terang dia.
Strukturnya, kata dia, harus diisi dan dikerjakan oleh pemangku struktur yang disebut SDM, pegawai atau PNS. “Berdasarkan struktur kita masih dalam poisisi kekurangan. Kekurangan itu yang paling banyak guru PNS mencapai 4.000 di SD dan SMP. Tenaga kesehatan 780-an. Warning bagi pendidikan dan kesehatan karena menyangkut pelayanan dasar masyarakat,” ujarnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.