1.111 Orang Sudah Divaksin, Warga Garut Diminta Tak Khawatir

17
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi vaksin covid-19
Loading...

TAROGONG KIDUL – Kelompok Kerja (Pokja) Kejadian Ikutan Pasca Imuniasi (KIPI) Kabupaten Garut meminta masyarakat tak perlu khawatir dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Hal itu karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sudah melakukan antisipasi terkait dampak setelah pemberian vaksin.

“Seluruh persiapan pelaksanaan vaksinasi hingga antisipasi dampak usai divaksin sudah dipersiapkan secara matang. Jadi masyarakat jangan takut untuk divaksin,” ujar Ketua Pokja KIPI Kabupaten Garut Willy Indrawilis kepada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Willy mengatakan apabila terdapat keluhan setelah menjalani vaksinasi, masyarakat dapat langsung menghubungi petugas.

Ia menjelaskan setelah menjalani vaksinasi, penerima vaksin akan mendapat kartu vaksinasi. “Di kartu itu ada nomor kontak petugas yang bisa dihubungi. Kalau masyarakat ada sesuatu keluhan setelah vaksinasi, mereka bisa langsung menghubungi nomor kontak yang ada di kartu vaksinasi,” katanya.

Nanti, kata dia, petugas di lapangan akan melakukan investigasi terjadinya KIPI. Jika diperlukan penanganan lanjutan, masyarakat yang mengalami KIPI akan mendapatkan perawatan di puskesmas atau rumah sakit.

loading...

“Semuanya akan ditanggung pemerintah kalau harus dirawat. Tidak ada biaya tambahan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani mengatakan berdasarkan data yang diterimanya hingga Selasa (2/2), sebanyak 1.111 orang dari 1.765 orang yang teregistrasi sudah menjalani vaksinasi Covid-19. Artinya, masih ada calon penerima vaksin yang sudah teregistrasi belum menjalani vaksinasi.

Sebanyak 172 orang ditunda pelaksanaan vaksinasinya dan 461 orang tidak diberikan vak­sinasi karena alasan tertentu. “Kalau kejadian pascavaksinasi itu ada satu, sekarang masih da­lam perawatan dan ob­ser­vasi dari tim kesehatan dan Pokja KIPI,” ujarnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cuci­tangan­pakai­sabun (yna)

Baca juga : Istri Bupati Garut Positif Covid-19, Rudi Bilang Begini..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.