1.200 Personel Gabungan Siaga, Pengamanan Natal dan Tahun Baru Melibatkan TNI dan Petugas Pemda

31
0
MUSNAHKAN MIRAS. Ribuan botol miras dimusnahkan di halaman Polres Ciamis Kamis (19/12). IMAN S RAHMAN /RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Polres Ciamis melaksanakan apel gelar pasukan gabungan. Apel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru itu dilaksanakan di Alun-Alun Ciamis Kamis (19/12).

Dalam apel gabungan yang dihadiri Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH MH SIK, Bupati H Herdiat Sunarya, Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio dan Ketua DPRD H Nanang Permana SH itu, dilakukan juga pemusnahan 3.522 botol miras dan 200 liter minuman keras. Ribuan botol miras itu dilindas menggunakan alat berat.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH MH SIK menjelaskan pengamanan Natal dan Tahun Baru melibatkan 1.200 personil gabungan. Sebanyak 10-15 personel disiapkan untuk menjaga masing-masing gereja. Adapun jumlah gereja di wilayah hukum Polres Ciamis sebanyak 32 gereja. Itu tersebar di Ciamis dan Pangandaran.

“Kita mengamankan Natal agar saudara-saudara kita bisa melaksanakan kegiatannya nyaman. Oleh karena ini tanggung jawab bersama untuk mewujudkan toleransi dan kedamaian dan kesejukan di Ciamis dan Pangandaran,” ujarnya kepada wartawan.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan TNI dan petugas dari Pemkab Ciamis dan Pangandaran.


Pengaman Natal dan Tahun Baru, kata dia, meliputi pengamanan tempat wisata, baik laut Pangandaran dan wisata Ciamis. Namun demikian, pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, Pangandaran menjadi perhatian utama. Karena seperti tahun sebelumnya, Pangandaran menjadi tempat tujuan warga dari luar daerah untuk berwisata. Makanya disiapkan rekayasa lalu lintas di titik-titik rawan macet di jalur wisata Pangandaran dan penyediaan kantung parkir. “Laka air juga di Pangandaran kita antisipasi. Jangan sampai saudara kita yang melaksanakan liburan jangan sampai menjadi korban,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada yang melaksanakan tahun baru, bila konvoi atau iring-iringan jangan melanggar lalu lintas. Jangan membahayakan nyawa dirinya atau orang lain. Lebih bagus merasakan Tahun Baru di masjid atau berdoa. “Semoga tahun mendatang membawa rezeki dan berkah kita semua,” ujarnya.

Kapolres juga mengimbau warga tidak melakukan swiping. Karena melaksanakan ibadah dijamin oleh undang-undang. Kita sebagai perwakilan negara, TNI, Polri , pemkab menjamin kebebasan tersebut dan melindungi yang melaksanakan ibadah tersebut. “Kalau masyarakat nekat yang swiping kita tangkap,” tegasnya.

Bismo menambahkan, selain itu Natal dan Tahun Baru perlu, pihaknya mewaspadi bencana alam. “Termasuk antisipasi pohon tumbang petugas siap evakuasi agar jalan tetap lancar,” ujarnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.