1.250 Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak di Ciamis

42
0
ISTIMEWA MEMIMPIN APEL PASUKAN. Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK MH bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani SSos MAP memimpin apel pasukan untuk pengamanan Pilkades Serentak Ciamis 2020.

Satu hari menjelang hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Ciamis, Jumat (18/12), Polres Ciamis menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan di halaman Mapolres Ciamis Jalan Jenderal Sudirman Jumat (18/12).

Apel tersebut dipimpin Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK MH bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani SSos MAP dan dihadiri para perwira Polres Ciamis dan Kodim 0613/Ciamis. Adapun peserta apel yaitu personel Polres Ciamis, Sat Brimob Polda Jabar dan Kodim 0613/Ciamis.

Dalam amanatnya Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK MH menyampaikan beberapa penekanan kepada para personel. Mulai dari sasaran pengamanan hingga pola pengamanan dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Ciamis.

“Target pengamanan ada empat sasaran kegiatan operasi yang sudah berjalan yang perlu kita jaga yaitu orang, barang atau pun bangunan, logistik dan mengamankan kegiatan,” ujarnya berpesan dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : FUI Ciamis Audiensi ke DPRD, Tuntut Keadilan

“Sementara untuk pola pengamanan yang dilaksanakan yaitu pola sangat rawan, pola rawan dan pola kurang rawan, sehingga masing-masing personil harus mengetahuinya dan harus di-mapping-kan dari sekarang,” kata Kapolres.

Kapolres juga menekankan kepada para petugas segera bergeser ke lokasi TPS untuk mengenali wilayahnya, terutama harus mengenal petugas di TPS.

“Lakukan pendekatan kepada para tokoh yang ada di lokasi dan harus menjaga netralitas, tidak ada kegiatan personil yang mengindikasikan mendukung salah satu calon,” kata dia tegas.

Kapolres juga meminta kepada para personel yang bertugas untuk selalu menyampaikan edukasi tentang pencegahan Covid-19 (3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) kepada masyarakat yang hadir di lokasi pemungutan suara dan sekitarnya.

Pesan lainnya yaitu, kata Kapolres, para personel untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan.

“Tetap jaga kesehatan dan keselamatan. Tidak lupa mengimbau kepada warga masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penularan virus Covid-19,” kata dia menandaskan.

Sebagai informasi, jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkades di Kabupaten Ciamis sebanyak 1.250 personel. Itu gabungan TNI-Polri. Terdiri dari Polres Ciamis dibantu BKO Brimob Polda Jabar, BKO Polres Tasikmalaya Kota dan Polres Banjar serta Kodim 0613/Ciamis. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.