1.318 Lulusan UNIGAL Ciamis Diwisuda Secara Daring, Begini Kata Rektor..

59
0
radartasikmlaya.com
Prosesi Wisuda Unigal Ciamis secara daring, Kamis (22/10). istimewa untuk radartasikmalaya.com

CIAMIS – Ditengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid -19, Universitas Galuh (Unigal) Ciamis menggelar Wisuda secara Daring di Auditorium Unigal Ciamis, Kamis (22/10/20).

Sebanyak 1.318 wisudawan, yang terdiri dari 106 Program Pascasarjana dan 1.212 wisudawan Program Sarjana, telah diwisuda secara virtual yang dihadiri Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyampaikan rasa bangga sebagai masyarakat Ciamis akan keberadaan Unigal dengan reputasi yang sangat baik, di tingkat lokal, regional maupun internasional.

Kontribusi keberadaan Universitas Galuh telah mendorong perkembangan perekonomian masyarakat Ciamis dan sekitarnya sehingga bersiap menuju kota pelajar dan pusat para intelektual bekerja.

“Sebagai mitra, kami merasakan dan menyaksikan sentuhan langsung kinerja akademik UNIGAL terhadap perkembangan dunia kampus, terlebih program kemitraan Universitas Galuh dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam penanganan Gunung Sawal,” katanya.

Menurutnya, Universitas Galuh telah berperan dalam program pembangunan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan IPM serta terobosan peningkatan multiliterasi dan kreativitas berwirausaha.

“Kita berharap Universitas di Ciamis mampu kembangkan inovasi dan pembaruan-pembaruan iptek dengan tetap memelihara keanekaragaman dan kekayaan budaya serta kearifan lokal,” tutur Yana.

Wabup Yana menjelaskan, Kampus sebagai pemroduksi Agent Of Change di masyarakat Ciamis dengan tri dharma perguruan tinggi yang lebih konkrit sesuai kebutuhan dan dinamika masyarakat.

“Proses layanan akademik Universitas Galuh sangat baik dengan pembuktiannya kepada kita, Unigal telah berhasil meluluskan para alumninya,” ungkapnya.

“Kami berharap Unigal tetap meningkatkan mutu pendidikannya, sehingga tantangan pembangunan manusia di lingkungan Kabupaten Ciamis kedepan lebih baik dan siap menjadi Kabupaten Pelopor,” ujar Wakil Bupati Ciamis.

Lebih lanjut ia menambahkan, Perlu adanya kerjasama yang lebih intens antara Kabupaten Ciamis dan Universitas Galuh dalam pencanangan program-program yang terarah pada peningkatan Sumber daya.

Sementara itu, Rektor Universitas Galuh, Yat Rospia Brata mengatakan, pelaksanaan Wisuda ke-32 sejak Universitas berdiri sejak tahun 1998 dilaksanakan secara daring.

“Pelaksanaan Wisuda kita laksanakan secara daring sebagai bukti pemberian layanan akademik secara prima yang diberikan Universitas Galuh,” ucapnya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan wisuda daring diharapkan tidak mengurangi makna momentum berarti pemberian penghargaan atas resminya memperolehan sukses penyelesaian studi pada jenjang yang diperolehnya.

“Wisuda merupakan proses rangkaian akhir resmi layanan institusi kepada alumninya. Tentunya kita semua menginginkan kegiatan tersebut dimeriahkan dengan ragam acara selebrasi bila dalam keadaan normal,” imbuhnya.

“Namun dalam kondisi yang sulit saat ini dengan berkembangnya pandemi COVID-19 di berbagai wilayah termasuk Kabupaten Ciamis dan sekitarnya mengharuskan kita untuk tetap waspada,” tambah Yat.

Lebih lanjut Yat menjelaskan, Dengan visi unggul dan berdaya saing global pada tahun 2030, Universitas Galuh telah memperkuat implementasi program unggulan dengan kerangka akademik Universita Budaya dan konservasi (culture and conservation university).

“Kita mengetahui pendidikan karakter manusia seutuhnya harus dipupuk dengan nilai nilai religi dan kearifan lokal, bertujuan untuk membentuk karakter soleh, cerdas, bangga dan mencintai budaya,”tuntasnya. (rls/isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.