1.500 Personil Tertibkan 2.000 APK

19
MENUMPUK. Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) hasil penertiban terlihat menumpuk di depan kantor Satpol PP Kabupaten Pangandaran Senin (15/4).

PARIGI – Memasuki masa tenang Pemilu 2019, ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah titik ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abadillah mengatakan jumlah APK yang ditertibkan mencapai 2000 lebih.

Sebelumnya peserta pemilu sudah menertibkan sebagian dari APK tersebut. ”Kemarin 40 persen sudah ditertibkan sendiri, nah sisanya yang 60 persen kita tertibkan hari ini,” ungkapnya kepada Radar, Senin (15/4).

Dalam penertiban itu, pihaknya melibatkan 1.500 lebih personil yang melibatkan seluruh jajaran Bawaslu, Satpol PP dan Dishub Pangandaran.

”Kita meminjam mobil crane dari Dishub, untuk menertibkan APK yang dipasang ditempat yang tinggi, seperti bilboard dan bendera partai,” ujarnya.

Menurut dia, pencopotan bilboard membutuhkan waktu cukup lama, sekitar setengah hingga satu jam lamanya. ”Karena memposisikan mobil crane itu harus pas, jadi waktunya cukup lama,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, hal yang paling sulit adalah menertibkan APK di pepohonan, karena butuh keberanian dalam mencopotnya.

”Kebanyakan bendera partai yang tingginya sampai 10 meter lebih, kita juga lakukan penertiban di tiang listrik,” ucapnya.

Menurut dia, ada beberapa anggotanya yang tertimpa APK saat mengerjakan tugas, ada juga yang jatuh. ”Tapi tidak mengalami luka yang serius,” tegasnya.

Gaga mengatakan ribuan APK yang sudah ditertibkan tersebut akan langsung diinvetarisir, karena kaitannya dengan laporan penerimaan dana kampanye.

”Agar nanti kita bisa sandingkan laporan dana kampanye dari peserta pemilu, dengan hasil pemeriksaan kita. Fokusnya ke APK DPRD,” jelasnya.

Menurut Gaga, Bawaslu memberikan alakadarnya untuk biaya makan personil diluar Panwascam. ”Untuk Satpol PP dan Dishub, kita kasih sekitar Rp 3 juta,” katanya.

Kasi Tibum Satpol PP Kabupaten Pangandaran Umar menambahkan semua APK yang sudah ditertibkan, untuk sementara diamankan dikantornya.

”Kita nunggu instruksi selanjutnya dari Bawaslu, APK ini akan dipindahkan kemana,” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.