1.700 Hewan Kurban Diperiksa

7

BANJAR – Sebanyak 1.700 ekor hewan kurban, terdiri dari 900 sapi, 200 ekor kambing dan 600 ekor domba diperiksa tim dari Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar.

Pemeriksaan meliputi antemortem yaitu pemeriksaan fisik hewan kurban sebelum dipotong dilakukan sejak H-7 Idul Adha. Sedangkan pemeriksaan postmortem dilakukan dari hari H hingga H+2 Idul Adha.

“Pemeriksaan antemortem dan postmortem sangat penting agar daging kurban yang dibagikan di masyarakat terjamin keamanan dan terhindar dari penyakit,” ujar Kepala DKP3 Kota Banjar drh Aswin kepada Radar, Minggu (19/8).

Aswin menjelaskan tim dari Bidang Peternakan melakukan pemeriksaan hewan kurban meliputi pemeriksaan kesehatan dan umur hewan.

Menurutnya, hewan baik, sapi kambing maupun domba yang akan dipotong harus benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih.

Kelayakan itu meliputi kriteria harus cukup umur, sudah ganti gigi, tidak cacat dan dalam kondisi sehat.

“Pemeriksaan hewan kurban juga dilakukan untuk mencegah penyakit menular. Penyebaran penyakit hewan ini seperti anthrax,” katanya.

Secara rinci ia menjelaskan pihaknya membagi pemeriksaan hewan kurban meliputi dua tahap. Pertama dilakukan mulai H-7 Idul Adha. Itu meliputi pemeriksaan antemortem.

Kemudian tahap kedua diperiksa bagian dalam hewan sesudah pemotongan pada H+2. Itu meliputi pemeriksaan kondisi hati, jantung, paru-paru, limpa, ginjal dan organ bagian dalam hewan.

“Secara klinis, hewan yang sehat itu diantaranya tidak cacat, hidungnya normal, mata normal, jantung dan paru-paru normal. Jika hasil pemeriksaan kesehatan hewan nanti menunjukkan ada tanda-tanda penyakit yang menular pada manusia maka kami minta untuk tidak dijual harus ditunda potong. Nanti akan kita periksa lebih lanjut,” katanya.

Pihaknya belum memberikan hasil pemeriksaan berapa jumlah hewan kurban yang memiliki tanda-tanda penyakit yang dipastikan harus ditunda potong dari hasil antemortem tersebut. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.