1.741 Orang di Kabupaten Tasikmalaya Alami Gangguan Kejiwaan

280
0

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya belum memiliki selter atau panti khusus bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK). Padahal jumlah ODMK dan ODGJ mencapai 1.741 orang.

Kasi Pengelola Data PMKS pada Dinsos PMDP3A Kabupaten Tasikmalaya Lina Rochmawati SSos mengatakan, panti khusus bagi ODGJ sangat diperlukan, lantaran bagi mereka yang sudah dianggap sembuh atau dalam perawatan jalan membutuhkan penerimaan kembali dari pihak keluarga atau masyarakat.

“Jadi ODGJ sudah sembuh atau rawat jalan yang kondisi terlantar atau tidak dapat ditampung pihak keluarga, maka dirawat secara khusus di rumah panti ini,” ujarnya kepada Radar, Selasa (26/11).

Selama ini, kata dia, ODGJ masih kurang diterima dengan baik oleh keluarganya, sehingga mereka dikucilkan dari kehidupan keluarganya dan juga masyarakat. Maka dari itu, pemerintah harus hadir dalam menangani persoalan ini. Sehingga tidak menjadi permasalahan baru di kemudian hari.

“ODGJ ini masih bisa diberdayakan apabila ada penampungan khusus atau panti yang dibentuk oleh pemerintah atau lembaga masyarakat yang peduli dengan mereka,” katanya.

Lina menilai penanganan yang sudah dilakukan dari tahun ke tahun bukanlah merupakan penyelesaian masalah, karena penanganan yang dilakukan dirasakan masih belum efektif. Karena penanganannya baru sebatas penangkapan, identifikasi lalu dilihat dia merupakan warga mana, masih ada tidak keluarganya.

“Kalau memang masih ada keluarganya dikembalikan. Namun, yang jadi masalahnya keluarga mau terima atau tidak. Masih ada keluarga yang menganggap ini aib dan sebagainya, bisa saja masyarakat tidak mau mengakui kalau ODGJ itu keluarganya,” katanya.

Maka dari itu, kata dia, sangat diharapkan sekali ada panti khusus yang mengurusi persoalan ODGJ. Sehingga mereka tetap mendapatkan haknya dan tidak sampai terlantar di jalanan yang juga bisa menjadi keresahan masyarakat. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.