Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.3%

7.2%

70.4%

1.750 Warga Kabupaten Tasik Akan di Swab Test Massal, Ini Sasarannya..

1077
2
TIM COVID-19 KABUPATEN TASIK JUMPA PERS
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasik diwakili Jubir dr Heru Suharto MMKes menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Posko Covid-19 Setda Kabupaten Tasik, Senin (10/08). diki setiawan/ radartasikmalaya.com

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya atau Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 dalam waktu dekat akan melaksanakan Swab massal terhadap 1.750 orang.

Rencananya sesuai instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 19 Agustus selama 14 hari kedepan di Kabupaten Tasikmalaya akan dilakukan Swab Test massal.

Sasarannya, pengidap ISPA dan Pneumonia, tenaga medis, orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan orang yang berada di tempat pelayanan publik seperti kantor pemerintah daerah, kecamatan dan desa.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, dr Heru Suharto MMKes menjelaskan, perkembangan situasi jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya sampai Senin (10/8) tercacat 36 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan rincian, terang Heru, 10 orang sembuh, satu pasien asal Kecamatan Cipatujah meninggal dan 20 orang dalam proses pengawasan yakni pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Cipatujah, yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sementara itu sisanya, lanjut dia, untuk lima orang lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Pagerageung, Singaparna, Sodonghilir dan dua pasien impor dari luar daerah masih dirawat dan menjalani isolasi di RSUD SMC.

“Kita tetap memonitor dengan cepat kasus dan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Tasik termasuk di Kecamatan Cipatujah. Semua yang tracking kontak dengan pasien positif Covid-19 sudah di swab,” kata Heru, kepada Radar, Senin (10/8).

Heru menambahkan, pemerintah daerah dan tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, berencana akan melaksanakan Swab massal tahap kedua terhadap 1.750 orang sesuai perbandingan populasi penduduk kabupaten 1,7 juta jiwa.

Pelaksanaan Swab massal tahap kedua ini, lanjut dia, dilaksanakan atas instruksi pemerintah provinsi Jawa Barat.

Rencananya akan mulai dilaksanakan tanggal 19 Agustus, waktunya selama 14 hari kedepan.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanganan Penyakit (P2P) yang juga Ketua Tim Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumardi menambahkan, untuk mengantisipasi kekhawatiran masyarakat, tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tasik akan terus memperketat pengawasan.

Termasuk, kata dia, memonitor terhadap tim gugus tugas di tingkat kecamatan, desa termasuk RT siaga agar memantau masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 khususnya di Kecamatan Cipatujah yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Selain itu, tambah dia, masyarakat kita berikan edukasi pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 serta pelaksanaan protokol kesehatan yang baik dan benar secara promotif dan preventif ke lapangan.

“Masyarakat harus taat terhadap protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan pakai hand sanitizer, jaga jarak dan jaga pola makanan dan hidup agar terhindar dari virus,” ungkapnya.

(diki setiawan)

Berita terkait : 
Lagi, 2 Perawat Puskesmas Cipatujah Tasik Positif Corona, Semua Isolasi Mandiri..
Warga Bantarkalong Tasik Resah, Pasien Positif Covid-19 Berkeliaran
loading...

2 KOMENTAR

  1. Tolong kpada Gugus Tugas&medis kesehatan,supaya di prketat trhapad warga yg trpapar positif.jangn sampai keliaran bebas keluar rumah.👏👏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.