1 Februari Vaksinasi Serentak di Seluruh Puskesmas di Garut

23
0
Istimewa. VAKSINASI. Bupati saat melaksanakan zoom meeting bersama menteri terkait pelaksanaan vaksinasi serentak. Vaksinasi akan dilakukan 1 Februari.
Istimewa. VAKSINASI. Bupati saat melaksanakan zoom meeting bersama menteri terkait pelaksanaan vaksinasi serentak. Vaksinasi akan dilakukan 1 Februari.
Loading...

GARUT KOTA – Bupati Garut H Rudy Gunawan memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Garut dilaksanakan secara serentak di seluruh Puskesmas Senin (1/2).

“Berdasarkan arahan dari Pak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) dan Mendagri (Tito Karnavian) kita akan melakukan vaksinasi itu hari Senin secara serentak di seluruh kecamatan,” ujar Rudy kepada wartawan, Jumat (29/1).

Rudy menerangkan pelaksanaan vaksinasi serentak diperuntukan untuk tenga kesehatan (nakes) dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda). Hal itu dilakukan karena vaksin yang dikirim tahap awal ke Kabupaten Garut terbatas, yakni 12.200 untuk dua kali vaksinasi.
Selain tenaga kesehatan dan Forkompimda, kata dia, influencer serta perwakilan tokoh agama juga akan divaksin Senin.

“Tahap awal Forkopimda, nakes, influencer dan perwakilan tokoh agama. Saya juga siap divaksin tahap pertama ini,” ujarnya.

Meski sudah siap divaksin, tetapi dirinya juga harus melihat hasil screening yang dilakukan pihak tenaga kesehatan. Karena dalam vaksinasi Covid-19 ada aturannya.

loading...

”Kalau tekanan darah saya waktu itu 180 saya nggak bisa, 160 nggak bisa atau saya punya gula, gula saya dicek dulu,” tuturnya.

Baca juga : Rudi Tunjuk Nurdin Yana Jadi Sekda Garut

Rudy menerangkan, dalam pelaksanaan vaksinasi di setiap daerah, yang menjadi tanggung jawab yakni bupati, TNI, Polri dan pimpinan daerah yang di depannya adalah Kepala Dinas Kesehatan. ”Sesuai instruksi mendagri, bupati wajib mengendalikan pelaksanaan vaksinasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, menurut dia, pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Garut akan dilakukan secara bertahap dan pihaknya akan melaksanakan secepat mungkin.

Dalam vaksinasi kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 di 67 puskesmas, 6 rumah sakit, dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Dinas Kesehatan Kabupaten Garut juga menyiapkan sarana penyimpanan vaksin terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccinecarrier, dan 12.200 singledose Vaksin Covid-19 beserta alat penunjang lainnya seperti alat pelindung diri (APD). (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.