1 Honorer & 1 ASN Bapenda Garut Diamankan Polisi, Terlibat Penipuan Bantuan Kelompok Tani

130
0
DITAHAN. Satu ASN dan satu honorer ditahan di Mapolres Garut. Keduanya diduga terlibat dalam dugaan kasus penipuan bantuan kelompok tani. yana taryana / rakyat garut
Loading...

KARANGPAWITAN – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Garut menahan dua orang terkait kasus penipuan terhadap kelompok tani yang dilakukan oleh oknum aparatur sipil negera (ASN) Bapenda Garut.

“Ada dua orang yang ditahan. Selain oknum ASN, ada satu lagi seorang honorer yang kami amankan dan sekarang sudah ditahan juga,” ujar Kasubag Humas Polres Garut Ipda Muslih Hidayat kepada Rakyat Garut, Jumat (27/11).

Muslih mengatakan oknum pegawai honorer di Bapenda Garut yang turut diamankan dalam kasus penipuan kelompok tani itu berinisial IN.

Pelaku perannya sama dengan oknum ASN berinisial DI, yakni menjanjikan kepada kelompok tani akan memberikan program bantuan.

“Jadi peran keduanya ini sama, menjanjikan memberikan bantuan program dan meminta sejumlah uang supaya bantuan itu turun,” ujarnya.

Loading...

Baca juga : Disperindag Garut Kembangkan IKM saat Pandemi

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata dia, modus yang dilakukan kedua oknum pegawai itu mendatangi kelompok tani dan menawarkan program bantuan dari pemerintah.

“Bantuan ini tidak ada, ini hanya modus para pelaku saja. Korban percaya karena pelaku ini PNS Pemda Garut,” ujarnya.

Untuk uang yang diminta para pelaku ini, kata dia, bervariasi. Korban yang melapor itu totalnya ada Rp 17 juta.

“Uang diminta para pelaku ini ngakunya untuk pelicin. Tapi itu hanya modus pelaku untuk mendapatkan uang dari korban,” ujarnya.

Sementara untuk korban, kata dia, saat ini masih satu orang. Tetapi diperkirakan korban kedua pelaku banyak.

“Yang lapor baru satu, tetapi diperkirakan lebih dari satu,” ujarnya.

Dengan aksinya tersebut, kata dia, kedua pelaku ini dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman lebih dari lima tahun penjara. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.