Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

1 Karyawan Toserba di Letjen Soewarto Kota Banjar & 1 Pedagang Reaktif Corona

629
0
RAPID TEST. Tim medis melakukan rapid test terhadap karyawan supermarket di Jalan Letjen Soewarto Kota Banjar. Dari 40 karyawan, satu di antaranya reaktif Covid-19, Minggu (17/5). CECEP HERDI / RADAR TASIKMALAYA
RAPID TEST. Tim medis melakukan rapid test terhadap karyawan supermarket di Jalan Letjen Soewarto Kota Banjar. Dari 40 karyawan, satu di antaranya reaktif Covid-19, Minggu (17/5). CECEP HERDI / RADAR TASIKMALAYA

BANJAR – Dinas Kesehatan Kota Banjar melakukan rapid test di supermarket dan pasar tradisional. Hasilnya, satu karyawan supermarket di Jalan Letjen Soewarto dan satu pedagang pasar tradisional dinyatakan reaktif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr Herman Umar mengatakan, pelaksanaan rapid test itu didampingi oleh Wali Kota Banjar H Ade Uu Sukaesih beserta Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana dan gugus tugas.

Pelaksanaan di dua titik yang terjadi kerumunan massa untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

“Rapid test di Pasar Banjar diambil dari sejumlah pedagang dan pengunjung secara acak sebanyak 200 orang. Tes tersebut dilakukan atas instruksi wali kota setelah terjadinya kepadatan pengunjung di dua lokasi tersebut. Kami ambil tes dari 160 pedagang di pasar dan 40 pengunjung dengan syarat melampirkan KTP. Kemudian kepada karyawan supermarket dan 10 pengunjung,” katanya kepada Radar, Minggu (17/5).

Baca Juga : Beras Bansos di Kota Banjar Harus Layak Konsumsi

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan, pedagang di pasar tradisional yang hasil rapid test-nya positif berasal dari luar Banjar. Sementara karyawan supermarket merupakan warga Kota Banjar.

“Hasil reaktif pedagang yang di pasar pojok dekat Ciroas. Itu juga kan baru rapid test bukan hasil swab yang menyatakan positif Covid-19. Tapi yang pasti keduanya setelah keluar hasil reaktif langsung diisolasi ke Rumah Sakit Asih Husada di Langensari dan langsung swab, tinggal menunggu hasilnya,” kata Nana.

Menyikapi hal ini, kata dia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar akan menggelar rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjar.

“Saya belum bisa menentukan banyak terkait nantinya keberlangsungan supermarket di Jalan Letjen Soewarto itu, apakah ditutup atau tidak. Nanti hasil rapat menentukannya. Saya berbicara sesuai hasil rapid test saja. Kemungkinan risiko jika supermarket itu ditutup, warga tidak bisa belanja,” kata Nana. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.