Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.5%

19.8%

7.4%

69.3%

1 Napi Limpahan di Kota Banjar Positif Corona, 33 Orang Jalani Swab Test

148
0
SWAB TEST. Salah seorang warga binaan Lapas Banjar menjalani swab test di halaman Masjid Baiturahman Lapas Senin (14/9).
SWAB TEST. Salah seorang warga binaan Lapas Banjar menjalani swab test di halaman Masjid Baiturahman Lapas Senin (14/9).

BANJAR – Sebanyak empat petugas dan tujuh warga binaan Lapas Banjar serta dua puluh dua narapidana pindahan Lapas Cipinang Jakarta menjalani swab test di halaman Masjid Baiturahman Lapas Banjar, Senin (14/9).

Tes dilakukan lantaran ada satu napi limpahan dari Lapas Cipinang, Jakarta yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tes swab ini dilakukan lantaran disinyalir (warga binaan/petugas) pernah kontak erat dengan satu napi yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar tim pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra kepada wartawan di lokasi.

Baca juga : Langkah Petani Muda Bisa Menjadi Pilot Project

Dia mengatakan Kamis (3/9), Lapas Banjar kedatangan 25 orang napi dari Lapas Cipinang, Jakarta. Saat itu juga dilakukan rapid test oleh petugas Puskesmas Pataruman. Hasilnya dua orang reaktif dan satu orang sakit. Mereka pun dikembalikan lagi ke asalnya.

Sisanya, 22 orang lainnya tetap berada di Lapas Banjar. Dari jumlah itu, 21 orang hasilnya non reaktif dan 1 dinyatakan reaktif rapid test. Saat itu juga langsung dilakukan swab test. Karena yang bersangkutan ada gejala penciuman.

“Sabtu (14/9) hasilnya yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19. Maka hari ini (kemarin, Red) dilakukan swab test, termasuk yang positif Covid-19 dites swab lagi,” paparnya.

Diakuinya, tren penyebaran Covid-19 di Indoesia terus naik. Masyarakat diimbau agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus corona. “Semoga wabah ini cepat selesai,” ujarnya.

Baca juga : PMII Kota Banjar Minta APH Awasi Proyek Balokang Patrol

Kasubsi Perawatan Narapidana dan Anak Didik Lapas Banjar Sutan Hasibuan menambahkan total ada 33 orang yang menjalani swab test. Mereka dites karena dikhawatikan terpapar Covid-19. Sedangkan 45 orang warga binaan lainnya hanya mengikuti rapid test. Namun hasilnya semua non reaktif.

“Iya betul, ada limpahan 25 narapidana ke Lapas Banjar. Namun 3 orang lainnya dikembalikan karena sakit. Sisa 22 dan 1 orang dinyatakan positif Covid-19, yang hasilnya baru diketahui Sabtu kemarin,” jelasnya.

Diakuinya, setiap ada limpahan atau kiriman dari Lapas luar langsung menjalani isolasi atau karantina selama 14 hari sesuai SOP. Namun, napi yang positif Covid-19 kondisinya sekarang sudah membaik.

“Jika ada timbul gejala atau tanda-tanda lagi, akan segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait,” kata dia. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.