1 Pasien Corona Garut Pernah ke Banten

135
0

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut mencatat penambahan satu kasus pasien positif Covid-19. Total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Garut berjumlah tiga orang.

Juru Bicara Covid-19 Ricky Rizki Darajat mengatakan pasien baru berjenis kelamin laki-laki berusia 54 tahun itu berasal dari Kecamatan Selaawi. Pasien memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Banten pada 19 Maret lalu.

Sebelum dinyatakan positif, pasien laki-laki itu sempat berobat ke salah satu fasilitas kesehatan di wilayah tempat tinggalnya pada 23 Maret. Namun kondisi kesehatannya tidak ada perbaikan.

Baca juga ; Ancam Membunuh, Pimpinan DPRD Garut Dilaporkan ke BK

Pada 26 Maret, petugas medis kembali memeriksa kondisi pasien di salah satu fasilitas kesehatan. Pria tersebut pun dinyatakan orang dalam pemantauan (ODP). “Pasien ini sudah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya. Selama isolasi kondisi pasien semakin membaik, bahkan sudah tidak ada lagi keluhan sakit,” ujarnya kepada wartawan Selasa (14/4).

Meski tidak ada keluhan sakit, kata dia, petugas kesehatan kembali melakukan rapid test kepada pasien tersebut pada 4 April dan hasilnya positif. Atas dasar hasil itu, maka dilakukan pemeriksaan selanjutnya dengan pengambilan swab pada pasien ODP itu pada 6 April dan hasilnya positif juga. “Sekarang pasien sudah melakukan isolasi di salah satu fasilitas kesehatan di Garut,” terangnya.

Baca juga : 450 Ribu KK di Garut Terdampak Covid-19 Mulai Kesulitan Ekonom

Saat ini, pihaknya terus melakukan tracking kontak berupa rapid test pada petugas kesehatan sebanyak 12 orang dan mengambil sampel swab pada keluarga kontak erat risiko tinggi sebanyak delapan orang. Selain itu, pihaknya juga melakukan tracking ke daerah yang pernah didatangi pasien. Sebanyak 19 orang di dua tempat telah didata. “Kita sudah kirim sampel swab kontak erat risiko tinggi ke laboratorium provinsi,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.