1 Pasien Positif Corona di Ciamis Sembuh

200
0

CIAMIS – Ketua Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis dr Bayu Yudiawan menyampaikan bahwa satu pasien perempuan yang positif Covid-19 kini sembuh. Hal itu setelah dilakukan swab test (PCR) kedua kepada perempuan berusia 72 tahun itu dan hasilnya negatif.

“Rencana pulang dan mene­ruskan protokol isolasi mandiri di rumah,” papar Bayu kepada wartawan Jumat (17/4).

Baca juga : Rumah Warga Sadananya Ciamis Hangus Tersambar Petir

Pasien perempuan berusia 72 tahun itu menjalani perawatan di RSUD Kota Banjar. Dia awalnya stroke dan tertular virus corona dari anaknya yang datang dari zona merah Covid-19.

Meski kini dinyatakan sembuh, pasien tersebut, kata Bayu, tetap harus melakukan rawat jalan, karena memiliki penyakit komorbid yaitu stroke dan hipertensi. Dia pun masih dalam pengawasan tim medis.

Mengena pasien yang kedua positif Covid-19, beber Bayu, saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya, karena pasien tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Saat ini, pasien tersebut masih berstatus positif, karena hasil tes kedua swab menunjukkan positif. Namun, pasien tersebut tidak ada indikasi perawatan.

“Kami ketahui bahwa untuk keluarga dari pasien tersebut cukup me­ngerti dan paham, tetap upaya kami me­la­kukan kun­jung­­an ke rumah pa­sien dengan pro­tokol corona serta me­lakukan evaluasi dan pemantauan terus,” papar Juru Bicara Gugus Tu­gas Percepatan Penanga­n­an Covid-19 ini.

Dia berterima kasih kepada masyarakat di sekitar pasien positif itu tinggal. Mereka, kata Bayu, berempati kepada korban dan tetap menjaga kondusivitas. Warga sekitar juga kompak melakukan kegiatan kebersihan.

“Saya menyambut baik atas kondusivitas masyarakat, sehingga empatinya bagus meski di wilayahnya ada yang positif, tentunya ini harus tetap dipertahankan dan bisa memberikan semangat kepada pasien untuk sembuh, “ paparnya.

Dihubungi terpisah Ketua Komisi IV DPRD Ciamis Syarif Sutiarsa menyambut baik adanya pasien positif Covid-19 yang sembuh. Dia berharap pasien kedua juga sembuh dan tidak bertambah lagi yang positifnya.

Baca juga ; Tunjangan PNS Ciamis Dipotong untuk Penanganan Dampak Corona

Dia mengimbau semua pihak harus bahu membahu memerangi penyebaran Covid-19. Masyarakat diimbau taat dan patuh terhadap apa yang telah diterapkan pemerintah.

“Saya yakin kalau kompak ber­sama-sama dalam memutus mata rantai penyebaran corona akan cepat selesai dan tidak akan ada wabah lagi,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.