Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

10.565 Siswa SD Akan Ikuti USBN

517
0

Soal Ujian Direncanakan Dibuat Pusat dan Daerah
TASIK – Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs H Tedi Setiadi MPd menuturkan tahun 2018 ada 10.565 siswa SD se-Kota Tasikmalaya yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Itu hasil pendataan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Tedi juga mengatakan jumlah siswa yang ikut serta USBN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, begitu juga untuk pelaksanaan USBN. ”Karena USBN-nya kembali ke tiga pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, Red) sehingga tidak jauh berbeda pelaksanaannya dengan tahun sebelumnya, meskipun masih lama pelaksanaannya yakni pada bulan Mei, namun dari pihak Dinas Pendidikan akan melaksanakan try out mulai bulan Maret mendatang dan kami juga sudah mulai siapkan soal untuk try out-nya,” tutur Tedi saat dihubungi Radar, Minggu (4/2).

Tedi berharap hasil USBN tahun ini akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya, semua siswa yang terdata bisa ikut serta USBN hingga akhir untuk semua mata pelajaran yang diujiankan juga bisa mendapatkan hasil yang bagus dan terbaik.

”Meskipun USBN ini bukan penentu kelulusan, tapi nilainya harus baik dan bagus. Karena nilai yang diperoleh menjadi pertimbangan untuk masuk ke janjang yang lebih tinggi. Selain itu juga dengan nilai yang bagus bisa masuk ke sekolah mana saja yang diinginkan,” terangnya.

Untuk itu, Tedi mengimbau siswa dan guru bisa menjaga kesehatan untuk menyiapkan dan menghadapi USBN.

Tedi berharap guru yang bertugas membuat soal bisa membuat soal yang berkualitas dan tidak asal-asalan, karena hal ini bisa menjadi penentu kualitas peserta didik ke depannya.

”Untuk soal ini di bagi dua. Sekian persentase dari pusat dan sebagiannya lagi dari sekolah, sehingga sekolah harus betul-betul dalam membuat soal yang berbobot dan berkualitas,” ungkapnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.