10 Rumah Terdampak Longsor

168
0
istimewa LONGSOR. Sepuluh rumah di Kecamatan Banjarwangi terdampak longsor.

BANJARWANGI – Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Garut mengakibatkan tebing di sejumlah desa di Kecamatan Banjarwangi longsor. Sebanyak 10 rumah di Desa Bojong pun terdampak longsoran. Jalan desa pun tertutup tanah.

“Sepuluh rumah itu memang belum rusak, tetapi longsoran tanah ini mengancam rumah itu,” ujar Kapolsek Banjarwangi Iptu Masrokan saat dihubungi melalui saluran teleponnya Kamis malam (9/1). Menurut dia, longsor terjadi sekitar pukul 10.00. Longsor terjadi akibat intensitas hujan terus mengguyur wilayahnya sejak Selasa (7/1).

Kata dia, warga, aparat keamanan dan pemerintahan pun waspada. Selain itu warga juga bergotong-royong membersihkan material longsor yang menutup jalan desa. Jalan desa pun sudah mulai dibuka warga menggunakan alat seadanya.

Pihaknya sudah meminta bantuan alat berat untuk membantu membersihkan material tanah. “Sebagian korban masih menempati rumahnya yang sudah tergerus. Warga juga masih menunggu bantuan datang,” katanya.

Dia mengatakan korban terdampak longsor di Desa Bojong yakni rumah milik Dodi, Zaenal, Tari, Ajar, Lubis, Unang, Iyep, Ohim, Wahyu dan Nunur. “Pihak desa sudah melakukan pendataan. Nanti akan berkoordinasi lagi dengan kecamatan untuka relokasi dan solusi terhadap para korban. Tidak ada korban dalam longsor pagi tadi,” ujarnya.

Selain di Desa Bojong, longsor juga menimpa Kampung Tanah Berem Desa Talagasari sekitar pukul 15.00. Akibatnya satu rumah mengalami pergeseran tanah. “Di Desa Kadondong juga ada longsor. Ada beberapa rumah dan dalam pendataan. Selain itu di Desa Tanjungjaya, tebing penahan tanah di SDN Tanjungjaya 1 hampir ambruk. Mengancam beberapa rumah di sekitarnya,” ucapnya.

Masrokan mengimbau warga Banjarwangi selalu waspada. Terutama saat terjadi hujan deras. Ia juga mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan. “Lahan-lahan gundul juga ditanami pohon lagi. Untuk antisipasi terjadinya longsor,” katanya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.