10 Toko Modern di Ciamis Belum Berizin

153
0

CIAMIS – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Ciamis mencatat ada 10 toko modern yang belum memiliki izin usaha toko swalayan (IUTS).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Ruddy SE menuturkan 10 toko modern itu belum memiliki izin usaha toko swalayan (IUTS). Sebagian dari mereka memiliki izin toko kelontongan. Adapun setelah itu ada perubahan dari izin toko kelontongan menjadi toko modern, pihaknya tidak mengetahuinya.

Baca juga : Juara Dunia Pencak Silat dari Perisai Diri Ciamis

“Memang sudah mengajukan izin, akan tetapi para pelaku usaha mungkin terbentur dengan regulasi penentuan kuotanya,” terang Rudi.

Kata Rudy, pihaknya saat ini baru mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) kepada 10 toko modern tersebut. Karena, untuk izin usaha toko modern, pihaknya belum mengeluarkannya kepada 10 toko modern tersebut.

Saat ini, kata dia, informasi yang diterimanya bahwa Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Kabupaten Ciamis mengkaji perubahan regulasi untuk melakukan penambahan kouta toko modern.

“Bila izinnya lengkap tentunya semua juga bisa berjalan baik dan tidak melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Dari segi investasi, kata dia, kehadiran toko modern memang diperlukan, namun tentunya semua pihak harus menempuh perizinan yang baik dan benar. “Karena jelas kalau tidak ada izin, itu melanggar ketentuan dan peraturan, makanya seperti 10 toko modern itu tidak berizin jelas itu pelanggaran,” tegasnya.

Terkait penindakan kepada toko-toko modern yang belum berizin, kata Rudy, itu kewenangan Satpol PP sebagai penegak perda.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.