Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

100 Hektare Lahan di Ciamis Jadi Zona Industri

264
0
Bangbang MSG Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Ciamis

CIAMIS – Pemerintah Kabu­paten Ciamis menyiap­kan Kecamatan Panawangan un­tuk bisa menjadi kawasan industri besar. Hal itu se­iring dengan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Ciamis 2019-2039.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Ciamis Bangbang MSG menjelaskan bahwa dari tata ruang, Kecamatan Panawangan strategis menjadi kawasan industri besar, karena dekat dengan Bandara Internasional Kertajati Kabupaten Majalengka. Dengan begitu, dari segi transportasi dan angkutan sangat menunjang.

“Kalau saya lihat di peta, segi karakteristik industri besar itu memerlukan kemiringan lahan 0 sampai 8 derajat atau maksimum misalkan 13 derajat. Jadi dari peta yang dilihat ada, kawasan-kawasan perkotaan di Panawangan yang menjadi peluang lokasi industri besar,” kata dia saat ditemui Radar di ruangannya Rabu (18/9) siang.

Sampai saat ini, Bidang Tata Ruang, kata Bangbang, belum melakukan penelitian secara khusus, namun dilihat dari peta, ada sekitar 75 hektare sampai 100 hektare yang bisa menjadi kawasan industri besar.

“Jadi Panawangan sangat strategis sekali guna menggeliatkan perekonomian dan sebagainya. Memang dalam prosesnya itu pasti akan cukup lama bisa sampai 10 tahun ke depan atau lebih,” kata Bangbang.

Masyarakat Kecamatan Panawangan Dimas Ardianto menyambut baik bila Kecamatan Panawangan ke depan memiliki zona industri, karena itu akan menggeliatkan perekonomian masyarakat serta menyerap para pengangguran di Kecamatan Panawangan. “Saya rasa Panawangan akan ramai dan perekonomian akan tambah maju,” kata dia.

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, sebelumnya, menjelaskan bahwa dalam revisi RTRW, Kecamatan Panawangan yang berbatasan dengan Majalengka akan dijadikan kawasan industri besar. Pertimbangannya Panawangan dekat dengan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

“Tentunya harus ada konsep yang baru untuk kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka. Ke depannya, Kecamatan Panawangan jangan hanya jadi industri kecil. Bagaimana mau maju kalau masih begini saja, adanya Kertajati di Majalengka pasti berpengaruh ke Ciamis, utamanya Kecamatan Panawangan, tentunya harus menjadi peluang dalam peningkatan ekonomi di Kabupaten Ciamis,” kata orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini Selasa (17/9). (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.