106.000 UMKM di Kabupaten Tasik Baru Diusulkan Dapat Bantuan

10496
24

TASIK – Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya telah mengusulkan 106.000 pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk pengajuan permohonan bantuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Kami berkewajiban untuk mengusulkan dan antusiasme pelaku usaha yang mengajukan permohonan bantuan hibah UMKM ini sangat luar biasa. Bahkan setiap hari selalu ada saja para pelaku UMKM yang mendaftar agar mendapat bantuan usaha tersebut,” ujar Kabid UKM pada Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya Yana Suryana kepada Radar, Minggu (11/10).

Baca juga : 215 Warga Mangkubumi Kota Tasik Keracunan, Pemkot Tetapkan KLB

Kata Yana, awal proses ketika dibuka oleh kementerian per tanggal 5 Agustus lalu, pihaknya pada 7 Agustus melakukan virtual meeting dengan pemerintah provinsi terkait usulan permohonan bantuan bagi UMKM. Pihaknya mengikuti apa yang diarahkan oleh pemerintah provinsi, pada saat itu yang menjadi koordinator.

Dinas Koperasi Provinsi Jabar menyampaikan usulan bantuan presiden sebesar Rp 2,4 juta itu, syaratnya pertama tercatat namanya, NIK, alamat lengkap, bidang usaha dan nomor HP.

Lalu dikarenakan Covid-19, pihaknya melakukan musyawarah bagaimana untuk memecah konsentrasi perkumpulan massa. Karena kalau datang ke dinas cukup membludak seperti di Kota Tasik, sehingga tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Loading...

“Ketika itu kami pada 12 Agustus melakukan sosialisasi ke kecamatan, tadinya mau ke desa-desa namun terlalu banyak. Sekarang sudah era teknologi serba internet, jadi pemohon tidak harus terjun langsung ke dinas. Sehingga pemohon cukup meminta ke desa lalu didata, nanti setelah tercatat dan tertampung di desa baru mengirimkan ke kecamatan dan dilanjutkan ke dinas melalui email,” ujarnya, menjelaskan.

“Dengan sistem seperti itu, jadi tidak ada kerumunan massa atau pemohon bantuan di dinas. Kemudian dengan cara seperti ini pun cukup mempermudah para calon penerima,” katanya, menambahkan.

Lanjut dia, memang bantuan ini salah satu syaratnya adalah izin usaha. Namun, bagi yang belum memiliki izin harus tetap difasilitasi dan caranya dengan membuat surat keterangan usaha (SKU) di desa masing-masing.

“Bantuan ini bagi mereka pelaku usaha yang produktif. Dengan catatan bantuan ini juga tidak diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro yang masih punya tanggungan di perbankan dan tidak sedang menerima kredit perbankan,” ujarnya.

Baca juga : Keracunan Massal di Mangkubumi Kota Tasik, 162 Sembuh 50 Dirawat

“Alhamdulillah di akhir usulan itu per tanggal 18 September minggu kedua bulan September ditutup, kami dari Kabupaten Tasikmalaya mengusulkan kurang lebih di angka 106.000 yang diusulkan ke kementerian. Sekarang ada pemberitahuan lagi bahwa bagi mereka yang tertinggal bisa untuk mendaftar lagi, menurut informasi dibuka hingga November,” kata dia.

Lanjut dia, pihaknya sebagai pengusul tidak tahu siapa yang sudah menerima bantuan, karena bantuannya langsung turun ke pemohon. Terkecuali ada yang melapor bahwa pemohon sudah menerima informasi konfirmasi melalui pesan singkat. (obi)

Loading...
loading...

24 KOMENTAR

  1. Ass
    Pakk saya udh didata SMA RW Bareng sama yg skrng dapet selemabaran kertas tapi saya GA dapet pak selembaran itu pdhl pas didatanya bareung..Saya Punya Usaha mikro pak SMA saya GA lgi kredit SMA saya juga GA lagi ada pinjaman ke bank malahan GA pernh pinjeum ke Bank
    Saya Dari Kecamatan Lewisari Pak Desa jayamukti
    Niat Saya Pengen Bantuan itu pengen punya cabang Buat Ngangkat Yg pengangguran jdi punya penghasilan .

  2. SLMSEJAHTERA PA SAYA DARI LEUWISARI saya pedagang air isi ulang tp sy tidak dapat umkm pdhl sy butuh modal untuk usha ini pa krn semenjak ad pandemi corona ini usaha sy jd sepi

  3. saya riki pedagang kerupuk, semenjak adanya covid19 belum pernah menerima bantuan apapun, sedangkan yg bukan pelaku usaha mnerima bantuan dari awal adanya bantuan dari pemerintah. katanya tepat sasaran?? yah emang tepat sekali buat mereka yg tidak melakukan usaha, tapi buat saya selaku pedagang kecil yg membutuhkan modal untuk berjualan lagi malah tida bisa ngapa-ngapain. malah jadi pengangguran dan modal terbengkalai. mohon diperhatikan bagi saya dn pelaku usaha kecil lainnya bukan salah sasaran.

  4. Ass pak nm sayah bibin gimna sayah tidak mendpatkan bantuan umkmtolog bantuanyah sayah dari tasik kc taraju kp sibyan kel kertarharja

  5. Bagai mana sa bisa mendaptar bantuan umkm dari pemerintah karna dari dulu saya belum pernah mendapat bantuan saya seorang pedagang perorangan (modal sendiri)dikarnakan adanya musibah wabah corona modal saya habis karna jualannya darastis jadi sepi jadi gimana caranya saya bisa mendapat bantuan dari pemerintah (umkm)

  6. Assalamuallaikum…..saya iyan suherlan daru bojong bungkar desa mandalagiri kec.leuwisari…..sya sudah di dftarkn oleh pngurus stmpt sbgi calon pnrima blt umkm….sya tidk sedang punya cicilan di perbankan…dan data saya juga sudh lngkp…tp blum trun juga……yg saya keluhkn..knp yang usaha nya warung kcil dan posisi warung nya di luar kota dan baru kmaren kmaren mlakukan pndaftaran nya….bisa scpat itu lngsung kluar dana bntuan trsebut…sdang sya sudh dari buln agustus akhir di minta data dan persyaratan nya….

  7. Saya dari desa Sundawenang kec salawu data lengkap komplit beserta foto usaha terlampir dan pendataan bareng beserta yang lain. mereka sudah dapat langsung dan data saya kemana sehingga tidak dapat..apakah ada permainan kepala desa dan aparatur desa sundawenang.tolong diusut itu kepala desa yang bermain dibalik ini..untuk menteri umkm pengasawan tidak ada. Banyak yang bermain..

  8. Nama:N.IRWAN WIJAYA
    NIK:3204292404820008
    Alamat:kp ciomas 002/007
    Desa:Margamulya
    Kec:Sukaresik
    Kab:Tasikmalaya
    Propinsi: Jabar
    Hp:081225111974/082236304924
    Pekerja,an:Pedagang biasa

  9. Assalamualaikum..
    Mohon maaf sebelumnya pak, usulan saya. Kenapa di RT saya kok Orang yang serba Ada(Kaya) dapat bantuan pemerintah??,. TapJ orang yang serba kecukupan tidak dapat bantuan pemerintah/ sosial(bansos/dll).

    Kab.Tasikmalaya (Arjasari)

  10. Sama pak di daerah kec cikalong Desa cikadu yang dapat bantuan umkm yang ga punya usaha/ngewarung pdhl saya butuh banget Bmpres karna saya pedagang warung kecil kecilan dan tidak sedang mempunyai angsuran ke bank🙏

  11. Saya Ajat Sudrajat dari rt019 rw002
    Desa linggawangi Kec arjasari
    Kabupaten Tasikmalaya
    Udah daftar lewat online
    Tapi belum ada notipikasi
    Gimana ya tolong kepetugas
    Untuk di cek

  12. Sy udah diminta data sm pk rt untuk bantuan umkm pada tahap satu tp ko ga dapat ya padahal sy ga punya utang ke bank manapun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.