11 Kecamatan di Kabupaten Tasik Diterjang Bencana, 1 Rumah Dihantam Longsor

524
0

KABUPATEN TASIK – Curah hujan yang tinggi Jumat (6/12) lalu, menyebabkan 11 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya diterjang berbagai bencana.

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun, seperti di Sukaraja, sebuah rumah warga hancur beserta isinya akibat diterjang bencana longsor. Sabtu (7/12), rumah yang hancur itu dikontrak Enung (36).

Saat kejadian, Enung mengaku sedang di dalam rumah. Jumat sore itu hujan deras mengguyur rumahnya di Kampung Kudang, Desa Margalaksana, Kecamatan Sukaraja.

Longsoran ini akibat debit air yang tinggi tak tertampung saluran irigasi yang berada di atas sebelah kanan rumah tersebut.

Posisi rumah itu, tepat di pinggir jalan dengan posisi jalannya menurun. Air begitu deras mengalir saat kejadian.

“Pas kejadian lagi di dalam rumah. Kena longsoran saat hujan besar jam empat sore. Lagi nampung air pas hujan itu. Tapi tiba-tiba batu besar dibarengi tanah campur air mulai masuk ke dalam rumah saya,” ujarnya yang ditemui di lokasi kejadian.

Terang dia, untungnya dalam bencana ini tak merenggut korban jiwa. Saat itu dia di dalam rumah itu bersama suaminya, Suryaman (45). “Yang rusak bagian belakang rumah. Habis semua barang saya juga ke bawa longsoran. Saya pasrah tak bisa apa-apa,” terangnya.

Sementara itu terpantau di lokasi, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasik sedang melakukan pemulihan.

Kasi Rekonstruksi BPBD, Amar Sidik menuturkan, longsor di Suraja ini yang terdampak baru satu rumah. “Mudah-mudahan tidak ada lagi banjir longsor susulan,” tuturnya.

Beber dia, intensitas hujan hingga kini masih lumayan tinggi. “Sekarang saja sudah mulai turun hujan lagi. Dan rumah ini jebol, material longsor masuk ke dalam rumah. Longsoran ini karena irigasi Ramajaya yang jebol. Irigasi ini jebol karena tak kuat menahan aliran air deras air buangan,” bebernya.

Dia menambahkan, air buangan ini karena intensitas curah hujan yang tinggi sehingga tak bisa menahan debit air.

“Saat ini lakukan penanganan darurat dulu. Kita bersihkan material di jalan kampung ini agar bisa dilalui kendaraan masyarakat. Karena sangat licin kondisi jalan penuh lumpur,” tambahnya.

Jelas dia, kemudian pihaknya akan mendata kerusakan dan kerugian lainnya akibat longsor ini.

“Bencana alam ini juga terjadi di 11 kecamatan lainnya. Tim kita juga sedang melakukan penanganan di kecamatan lainnya,” jelasnya.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Tasik, selain di Sukaraja, hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan longsor terjadi di Karangjaya, Leuwisari, Singaparna, Mangunreja, Pageurageung, Cikalong, Salawu, Puspahiang dan Parungpunteng. Khususnya di Salawu juga terjadi pergerakan tanah.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.