12 Ribu Pelaku Usaha di Ciamis Ajukan Bantuan ke Pemkab

282
0

CIAMIS – Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis mencatat sudah ada 12 ribu pelaku usaha yang mengembalikan formulir untuk mengajukan bantuan dari pemerintah pusat pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis H David Firdhan mengatakan, bantuan untuk para pelaku usaha atau UMKM ini adalah bentuk perhatian pemerintah pusat dalam recovery yang terkena dampak pandemi, sehingga usahanya mengalami penurunan omzet bahkan nyaris gulung tikar.

Baca juga : Pandemi Corona, Pabrik Sari Kelapa di Ciamis Terancam Bangkrut

“Pemerintah pusat menyiapkan 12 juta calon penerima bantuan ini. Sedangkan untuk daerah kapasitasnya mengajukan ke pusat yang nantinya akan diverifikasi apakah layak atau tidak mendapatkan bantuan tersebut,” ujarnya, menjelaskan.

“Jadi se­karang para pelaku usaha silahkan men­daftar dan mengisi formulir ke dinas. Nanti data tersebut akan kita sampaikan semuanya ke pemerintah pusat untuk diseleksi. Sejauh ini sudah banyak yang mengambil dan mengembalikan formulir. Sampai 11 Agustus sudah ada 12 ribuan yang mengembalikan formulir,” katanya.

Bantuan ini, kata dia, sasarannya adalah pelaku usaha yang omzetnya di bawah Rp 50 juta. Mereka akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan Rp 2,4 juta yang masuk langsung ke rekening masing-masing.

Sedangkan untuk syarat yang bisa menerima bantuan ini adalah pelaku usaha yang tidak mempunyai utang ke bank. Tapi, pada kenyataannya banyak pelaku usaha atau UMKM yang memiliki utang.

“Tapi semuanya tetap diusulkan, karena nantinya pemerintah pusat juga melakukan BI cheking untuk memverifikasi,” ucapnya.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Ciamis Nur Muttaqin mengatakan, semoga pengajuan dari dinas ke pusat bisa terealisasi dan para pelaku usaha kecil bisa menerima bantuan.

Baca juga : Santri Asal Ciamis Tenggelam di Pantai Pasanggrahan Cipatujah Tasik

Karena dampak corona ini sangat merugikan para UMKM di Ciamis.

“Saya berharap pusat bisa mengakomodir UMKM di Ciamis serta bantuannya bisa mengalir dan merata,” tuntasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.