14.310 Kelurga Masih Kekurangan Air Bersih

8
BANTUAN AIR BERSIH. Warga saat menerima bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya. Sampai saat ini masih ada 94 lokasi yang membutuhkan pasokan air bersih.

CIHIDEUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mencatat 14.310 keluarga kekurangan air bersih. Mereka berada di 94 titik di 10 kecamatan.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tasikmalaya Harisman mengatakan sejauh ini pihak BPBD Kota Tasikmalaya terus menerima pengajuan bantuan air bersih dari warga yang terdampak bencana kekeringan.

”Terus mendapatkan pengajuan itu karena memang bencana kekeringan belum usai,” kata Harisman kepada Radar Kamis (11/10).

Dari data yang pihaknya miliki, saat ini ada 94 titik kekeringan. Diantaranya, di Kecamatan Tamansari 22 titik, Kawalu 25 titik, Cibeureum 14 titik, Mangkubumi 2 titik, Purbaratu 12 titik, Tawang 1 titik, Cihideung 3 titik, Cipedes 3 titik, Bungursari 8 titik dan Indihiang 3 titik. “Itu terdapat di 34 kelurahan,” ujarnya.

Tambah dia, yang terdampak itu 14.310 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 40.480 jiwa. “Itu terus kami berikan bantuan air bersih,” kata dia.

Sejauh ini pihak BPBD sudah menyalurkan sebanyak 1.770.000 liter air untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih. “Sampai saat ini pengiriman masih tetap menggunakan dua tangki dalam satu titiknya. Hanya saja yang memang jumlah warga yang membutuhkan, intensitas pengiriman lebih rutin,” paparnya.

Selama musim kemarau, BPBD mencatat yang paling banyak terdampak yakni Kawalu 25 titik dan Kecamatan Tamansari 22 titik. “Penyebaran paling banyak memang di dua kecamatan itu. Namun ada beberapa titik yang memang tidak cukup pengiriman dalam satu tangki,” ujar dia.

Harisman mengimbau masyarakat tidak menghambur-hamburkan air, khususnya wilayah yang terdampak. Walau memang bila dilihat infromasi bahwa turun hujan diperkirakan bulan ini. “Namun dari prediksi cuaca harian, itu (hujan, Red) belum tampak,” tandasnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.