14 Rumah di Karangjaladri Pangandaran Rusak Tertimpa Pohon

112
0
ISTIMEWA. BENCANA ALAM. Hujan lebat dan angin kencang menyebabkan longsor dan banjir di beberapa desa di Kabupaten Pangandaran. Selain itu banyak rumah yang tertimpa pohon.
ISTIMEWA. BENCANA ALAM. Hujan lebat dan angin kencang menyebabkan longsor dan banjir di beberapa desa di Kabupaten Pangandaran. Selain itu banyak rumah yang tertimpa pohon.

PANGANDARAN – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pangandaran sejak Minggu (11/10) malam, membuat sejumlah desa diterjang bencana longsor dan banjir.

Manager Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalop) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Ranta mengatakan bahwa pihaknya sudah meng-assessment beberapa bencana yang terjadi di beberapa desa.

“Ada beberapa kejadian seperti longsor di Desa Jayasari yang menutupi badan jalan, kemudian lahan milik warga juga terdampak longsor itu, ada juga banjir yang menggenang lahan warga di Desa Cimanggu Langkaplancar,” katanya kepada Radar, Senin (12/10).

Kerugian dari longsor dan banjir tersebut, kurang lebih sekitar Rp 400 juta. “Ya kurang lebih kerugiannya sampai segitulah, sebenarnya ada laporan rumah warga juga kena, tapi kita masih assessment,” katanya.

Baca juga : Selter Tsunami di Pangandaran Dibersihkan & Diperbaiki

Sementara itu sebanyak 14 rumah di Dusun Astamaya Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi banyak yang tertimpa pohon, 13 dinyatakan rusak ringan dan 1 mengalami rusak berat. “Sementara di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang dua rumah mengalami rusak ringan,” katanya.

Loading...

Kerusakan belasan rumah tersebut, kata dia, diperkirakan mencapai Rp 56 juta. “Tadi Pjs bupati juga turun ke lokasi untuk memantau kejadian ini,” kata dia.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Pangandaran untuk waspada, karena intensitas hujan semakin tinggi. “Yang patut diwaspadai ya angin puting beliung, terutama rumah yang dekat dengan pepohonan, harus waspada,” jelasnya.

Pihaknya masih menunggu laporan dari petugas lapangan, terkait potensi bencana susulan akibat cuaca ekstrim.

Sekretaris BPBD Kabupaten Pangandaran Gunarto mengatakan, para relawan bencana Pangandaran juga turut bergerak dengan banyaknya bencana yang terjadi. “Masyarakat tidak perlu panik, tapi tetap waspada,” katanya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.