Mengantisipasi Warga Pakai Air Tidak Layak

15.000 Liter Air Bersih Disalurkan BPDB

23
0

KAWALU – Badan Penang­gulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya mendistribusikan 15 ribu liter air bersih ke lokasi kekeringan, Kamis (4/7). Mereka menyalurkan air bersih untuk kedua kalinya ke Kampung Sukamaju RT 01, 02, 03, 04 RW 03 Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu dan Kampung Golempang RT 01 RW 07 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Purbaratu.

Koordinator Pusdalop BPBD Kota Tasikmalaya Harisman mengatakan, hasil dari pengecekan di lapangan kedua lokasi itu kondisinya memang kekurangan air bersih. Air yang masih tersedia berubah fisik karena debit airnya berkurang. “Termasuk ada air yang sudah mengeluarkan busa dan keruh sehingga tidak layak pakai,” kata dia. “Kalau dikonsumsi, air dikhawatirkan menumbuhkan penyakit,” ujarnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya dr Wahyu Sumawidjaja menyatakan, kekurangan air bersih di Kota Tasikmalaya selalu terjadi setiap tahun saat kemarau panjang. Untuk itu, tahap pertama pendistribusian air bersih diperuntukkan mengatasi kekurangan air bersih. Ke depan harus ada penggalian mengani potensi-potensi agar ketika musim kemarau seperti saat ini tidak kekurangan air bersih. “Itu harus dipikirkan oleh pemerintah agar ketika musim kemarau seperti saat ini tidak kekurangan air bersih,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Wahyu menyarankan, peme­rintah membangun penampungan air hujan di titik-titik yang setiap tahun mengalami kekurangan air bersih ketika kemarau.

“Ketika musim hujan air ditampung, ketika musim kemarau digunakan,” katanya. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.