15 Agustus Pilkades Serentak di Ciamis, Panitia Harus Mutakhirkan Data Terbaru

149
0

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah memastikan waktu pelaksanaan pilkades serentak pada 15 Agustus 2020.

Saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa sedang melakukan tahapan lanjutan yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Baca juga : Calon Kades di Ciamis Siapkan Rp500 Juta untuk Kampanye

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Ciamis Dian Budiyana mengatakan, saat ini pihaknya akan melakukan tahapan persiapan dan sosialisasi pelaksanaan jadwal baru setelah sebelumnya ada penundaan.

“Tahapan yang sempat tertunda akan kita lanjutan selama empat hari ini dari 9-12 Juli 2020 yang kemudian tahapan selanjutnya dilanjutkan oleh panitia pilkades,” katanya.

Kata dia, tahapan yang empat hari akan dilaksanakan seperti rapat persiapan dengan kasi pemerintahan di setiap kecamatan yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak.

Rapat tersebut akan menjelaskan soal agenda tahapan dan waktu pelaksanaan 15 Agustus yang sudah diputuskan oleh pemerintah daerah.

“Kemudian, nantinya kasi pemerintahan menyampaikan kembali teknis dan tahapan secara rinci kepada para panitia pilkades di desa-desa. Sehingga, pelaksanaannya bisa berjalan lancar sesuai tahapan,” ujarnya, menjelaskan.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan pilkades serentak di Kabupaten Ciamis berjalan sesuai tahapan lanjutan yang sudah direncanakan. Semoga dalam pilkades ini, aman, tertib, lancar dan sukses tanpa ekses,” katanya, menambahkan.

Terpisah, Kabag Pemerintahan Umum dan Desa (Pemumdes) Setda Kabupaten Ciamis Hendra Suhendra SSos mengatakan, tahapan-tahapan sosialisasi pilkades mulai 9 Juli sudah dilaksanakan.

Sehingga pelaksanaannya pada 15 Agustus bisa berjalan dengan lancar. “Dari semua tahapan yang akan dilalui semua, semoga bisa lancar serta terus menerapkan protokol keseahtan juga saat pelaksanaannya,” paparnya.

Menurutnya, yang paling penting dalam melanjutkan tahapan pilkades serentak ini adalah pemuktahiran data pemilih.

Baca juga : Pemuda Warga Banjarsari Ciamis Tenggelam di Sungai Ciseel

Karena dari waktu awal pelaksanaan sudah terhenti beberapa bulan, sehingga pasti ada perubahan data, terlebih pemilih pemula yang sudah memenuhi syarat.

“Pemuktahiran ini penting dan harus segera dilaksanakan. Sehingga semua warga yang sudah berhak menyalurkan hak suaranya bisa terakomodir pada pelaksanaannya nanti. Karena pasti jumlah pemilih ada penambahan,” katanya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.