15 Desa di Kabupaten Tasik Dilintasi Tol Getaci

2936
0

Di Kabupaten Tasikmalaya diprediksi ada empat kecamatan dan 15 desa yang akan dilalui jalan bebas hambatan.

Namun kepastian jumlah kampung dan sarana prasarana umum apa yang terdampak pembangunan tol Gedebage-Tasik-Cilacap (Getaci) belum bisa diketahui.

Baca juga : Bupati Ade Gelontrokan Dana Bantuan untuk Posyandu Kabupaten Tasik

Camat Padakembang Dadang Tabroni SH MH mengatakan satu desa di Kecamatan Padakembang yang akan dilewati trase tol Getaci yaitu Desa Cilampunghilir. “Soal titik detail kampung mana saja yang akan dilalui jalan tol belum ada kepastian, “ ujarnya kepada Radar, kemarin (12/2).

Dadang menjelaskan terkait pembangunan jalan tol, pihaknya baru disosialisasikan oleh PT Jasa Marga dengan konsultasi publik berkaitan Amdal. “Yang jelas ada empat kecamatan dan 15 desa di wilayah Kabupaten Tasikmalaya akan dilalui jalan tol. Karena gambaran yang diterima baru sebatas trase jalan, belum pada patok yang dipasang,” ungkapnya.


Dia berharap dengan dibangunnya jalan tol yang akan melintasi daerahnya tersebut, tidak sampai mematikan atau menghilangkan denyut perekonomian di wilayahnya itu. “Kita sambut baik rencana pembangunan tol melalui wilayah Padakembang, dengan catatan tidak merugikan masyarakat,” tambah dia.

Camat Singaparna Kusnanto mengaku tidak mengetahui kampung mana saja yang akan terlewati jalan tol tersebut. ”Kita belum tahu kampung mana yang terdampak, karena baru sebatas menyampaikan aspirasi masyarakat berkaitan dengan Amdal,” terangnya.

Tetapi, dia memperkirakan dari empat desa di Kecamatan Singaparna yang akan dilalui tol. Kemungkinan ada kampung atau pemukiman warga yang terlewati seperti di wilayah Cikadongdong, Cikunir, Cintaraja dan Sukahening. “Intinya keberadaan tol ini, jangan sampai merugikan masyarakat. Kalau pun harus terdampak, maka ada kompensasi yang jelas,” paparnya.

Baca juga : KPAID: Tak Ada Rekaman CCTV Uwak Peneror Perkosaan di Ciawi Tasik

Camat Leuwisari Wawan mengatakan di wilayahnya ada satu desa yang akan terlewati tol yakni Desa Arjasari. “Untuk titik kampung mana belum kita ketahui. Sebab belum ada patok atau ciri yang dipasang,” singkatnya.

Camat Cigalontang Maman mengungkapkan sedikitnya ada sembilan desa yang dilalui jalan tol di wilayahnya yakni Desa Kersamaju, Lengkongjaya, Nanggerang, Nangtang, Pusparaja, Sirnagalih, Sukamanah, Tanjungkarang dan Tenjonagara.

“Tapi soal detail titik kampung dan sarana apa saja yang terdampak tol, saya belum mengetahuinya. Karena baru diberi tahu trase-nya saja yang melalui sembilan desa tersebut,” tandasnya.

Terpisah, Kabid Jalan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPU-TRPP) Kabupaten Tasikmalaya Atep Dadi Sumardi mengaku sejauh ini pihaknya belum mendata titik atau kampung mana saja t yang akan dilalui tol Getaci. “Kita juga baru dapat trase saja dari Jasa Marga dan Pemprov Jabar, bahwa ada empat kecamatan dan 15 desa di Kabupaten Tasik yang dilalui tol,” ungkapnya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.