15 Tahun Berdagang tak Terdata Sebagai UKM Kota Banjar, Terpaksa Ngutang ke Rentenir

270
0

BANJAR – Beberapa pedagang seperti warung makan dan penjaja kuliner berusaha bangkit setelah usahanya terdampak pandemi Covid-19. Namun untuk menghidupkan kembali usahanya itu, mereka terpaksa harus meminjam uang untuk modal ke rentenir.

Hal itu seperti yang dialami Yanti (57), salah satu pedagang di Jalan Brigjen M Isa. Dia mengaku selama pandemi dia tak berjualan. “Tos tilu sasih kan teu icalan sapek aya si Covid the. Bade ngawitan deui icalan teh teu aya modal janten kapaksa we minjem ka rentenir,” kata penjual nasi itu Jumat (7/8).

Dia mengaku belum terdata sebagai UKM di Kota Banjar, meskipun sudah berjualan selama 15 tahun. “Teu terang da pak kedah kumaha carana hoyong daftar kitu teh (UKM). Da abi mah dagang ge saaya-aya kitu, asal cekap kange kebutuhan sahari-hari we. Kantenan abi tos dikantunkeun ku salaki,” kata dia.

Pedagang lainnya Emed juga mengaku selama pandemi Covid-19 tidak bisa berjualan karena larangan pemerintah untuk keluar rumah. Sesekali ia berjualan pun hasilnya malah rugi. “Dagangan saya kan harus habis sehari, soalnya kalau tidak habis jadi basi. Selama Covid-19 mencoba nekat dagang, tapi sepi pembeli,” kata pedagang es cendol itu.

Terpisah, Kepala Bidang KUKP Dinas Koperasi Kota Banjar Tatang Nugraha saat dikonfirmasi terkait itu mengatakan akan mendata para pelaku UKM untuk mendapat modal bantuan usaha. Karena pada refocusing tahap ketiga, pihaknya mendapat program stimulan untuk membangkitkan kembali usaha UMKM.

“Nanti kita tampung dan kita coba usulkan untuk mendapat bantuan dari pusat. Selain mendata secara langsung ke lapangan, kami juga menerima saran masukan dari masyarakat jika ada pelaku usaha yang benar-benar terdampak Covid-19 dan membutuhkan modal bantuan usaha. Asal benar-benar terdampak, misalnya modal untuk usaha habis digunakan untuk keperluan hidup selama pandemi Covid-19, sehingga ketika mau berjualan lagi tidak memiliki modal, persyaratan itu juga berlaku supaya bantuan ini tepat sasaran,” kata Tatang. (cep)
Baca juga : Suami Wali Kota Banjar Penuhi Panggilan KPK

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.