15 Tahun, Dusun Kubangpari Ciamis jadi Langganan Banjir

103
0
Loading...

CIAMIS – Selama 15 tahun lebih, warga di Dusun Kubangpari RT 01 RW 05 Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari kerap kali dilanda banjir bila intensitas hujan tinggi.

Pada Sabtu-Minggu (28/29/12), sedikitnya ada 60 rumah yang teren­dam luapan air.

Kepala Desa Ciherang Dedi Sugiarto mene­rangkan, luapan air kerap kali menge­pung rumah-rumah warga di Dusun Kubangpari jika hujan deras. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak 15 tahun silam.

Pemicunya di­duga drainase sepan­jang 350 meter di ling­kungan warga tersumbat sehingga air meluap.

“Kami seringkali melapor ke tingkat kabupaten. Semoga ada respons dan ada penanggulangan mengenai pembikinan proyek drainase agar banjir musiman teratasi,” tutur dia.

Menurut dia, air meluap ke rumah-rumah warga bisa setinggi lutut orang dewasa. Surutnya banjir cukup lama bisa mencapai empat jam.

Warga pun selalu bergotong royong memperbaiki drainase untuk memperlancar aliran air namun banjir tetap tidak teratasi. Maka dari itu, drainase harus diperbaiki oleh pemerintah. “Semoga saja ada upaya pemerintah dalam perbaikannya,” kata dia.

Loading...

Warga Dusun Kubangpari, Hj Nunung (41) menyebutkan, setiap kali hujan turun, rumahnya yang berada di jalan nasional kerap kali tergenang banjir padahal ada drainase.

Maka dari itu, dia berharap pemerintah memperbaiki drainase yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Selama 15 tahun pula banjir ini selalu terjadi. “Jadi wilayah ini adalah banjir musiman akibat drainase yang buruk,” kata dia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Drs H Mochamad Soekiman menyarankan kepada warga yang lingkungannya kerap kali diterjang banjir agar bergotong royong membersihkan drainase yang tersumbat.

“Upaya kita bikin gerakan gotong royong mendalami drainase agar lancar bila hujan turun,” katanya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.