150 Desa di Garut tak Ada Sinyal, tak Terapkan Belajar Daring

84
0

TAROGONG KIDUL – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman menerangkan pelaksanaan belajar dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19 sulit dilaksanakan secara menyeluruh di semua wilayah di Kabupaten Garut. Hal itu karena tidak semua wilayah di Garut bisa mengakses sinyal telepon selular.

“Siswa juga tidak semuanya punya hape. Meski ada, sinyal dan kuotanya juga terbatas, jadi sulit diterapkan secara menyeluruh,” ujar Helmi kepada wartawan, Kamis (5/11).

Helmi menerangkan untuk pembelajaran daring, baru diterapkan di wilayah perkotaan dan beberapa wilayah yang akses internetnya bagus.

Selain memberlakukan belajar daring, pihaknya juga memfasilitasi siswa untuk belajar melalui saluran televisi, radio dan modul yang diberikan.

“Untuk belajar melalui televisi dan radio kita sudah berlakukan. Kita gunakan saluran televisi lokal untuk membantu siswa yang masih susah sinyal,” ujarnya.

Helmi menerangkan, dengan menyediakan saluran televisi lokal untuk belajar di tengah pandemi Covid-19, diharapkan siswa yang tinggal di wilayah yang kesulitan akses internet bisa mengikuti pelajaran jarak jauh.

Baca juga : Revitalisasi Situ Bagendit Garut Selesai 2021

“Di Garut ini ada 150 desa yang masih kesulitan mengakses sinyal internet. Jadi kita fasilitasi dengan televisi maupun radio,” terangnya.

Helmi menerangkan penerapan pembelajaran jarak jauh masih terus dilakukan, mengingat penyebaran Covid-19 di Garut masih tinggi.

Dengan kondisi ini, kata dia, berbagai kebiasaan baru, seperti belajar daring akan terus dilakukan untuk mencegah adanya penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Selain di lingkungan pendidikan, kebiasaan baru juga terus diterapkan di masyarakat, seperti harus menggunakan masker, menjaga jarak dan cuci tangan (3M). Kebiasaan ini harus terus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.