150 Model Kelom Geulis Kota Tasik Siap Dipasarkan

63
0
PRODUK LOKAL. Owner Toko Sheny Sandi Permana menunjukkan aneka kelom geulis di tokonya di Jalan Tamansari Gobras Kota Tasikmalaya, Kamis (24/9). Kelom geulis kini dimodifikiasi dengan berbagai model dan warna. Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya
PRODUK LOKAL. Owner Toko Sheny Sandi Permana menunjukkan aneka kelom geulis di tokonya di Jalan Tamansari Gobras Kota Tasikmalaya, Kamis (24/9). Kelom geulis kini dimodifikiasi dengan berbagai model dan warna. Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya

TASIK – Kelom geulis merupakan salah satu produk khas Tasikmalaya yang harus terus didorong eksistensinya. Di tengah gempuran produk fashion dari luar daerah, kelom geulis Tasik dipoles dengan inovasi sehingga bisa naik kelas dan diminati anak muda.

Salah satu pengrajin kelom geulis yang terus berinovasi yakni Sandi Permana. Pemilik Toko Sheny di Jalan Tamansari Gobras Kota Tasikmalaya ini produktif membuat model dan corak kelom geulis hingga 150 model. Alhasil kelom geulis hasil buatannya tidak monoton.

“Kelom geulis menjadi salah satu oleh-oleh yang dipilih wisatawan ketika berkunjung ke Tasikmalaya,” katanya kepada Radar, Kamis (24/9).

Di tokonya ia menjual aneka kelom geulis, payung geulis dan tas kelom geulis. Namun produk yang diunggulkan yakni kelom geulis. Tersedia untuk anak dan dewasa. Harganya mulai Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribuan.

“Sebagai pengrajin dan pengusaha kelom geulis, tentu kita tidak hanya berorientasi bisnis tapi punya misi untuk mempertahankan produk lokal sebagai warisan nenek moyang,” ujarnya.

Dari tahun ke tahun, sambungnya, kelom geulis ini terus mengalami perkembangan. Yang tadinya hanya sandal kayu biasa kini dicat warna-warni dengan motif yang bervariasi. Sandal kayu ini dimodifikasi dengan kerajinan batik, teknik airbrush, rajutan, bordir dan lainnya.

Loading...

“Dengan kreasi dan inovasi, kelom geulis Tasik yang dulunya identik dengan orang tua kini anak muda pun mau memakainya untuk tampak cantik, anggun dan mempesona,” ujarnya.

Lanjutnya, agar bisa bertahan di pasaran, produk kelom geulis ia pun selalu menyesuaikan dengan keinginan pasar, karena karakter konsumen berbeda.

“Kini ada 150 model kelom geulis. Semua modelnya mengikuti zaman,” katanya. Kelom geulis ini cocok untuk santai maupun acara formal.

“Kelom geulis yang best seller di tempat kami yakni Kelom KS harga mulai Rp 65 ribu hingga Rp 200 ribu, Conut Rp 60 ribu dan JTH Love mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu,” ujarnya.
Inovasi lainnya ia pun membuat tas model kelom geulis yang

diproduksi dengan beragam motif. “Kini ada tas kelom geulis harganya Rp 140 ribu hingga Rp 170 ribu,” katanya.

Kerajinan lain yang menjadi ciri khas Kota Tasikmalaya seperti payung geulis. Ia menjualnya dari harga mulai Rp 60 ribu hingga Rp 85 ribu.

Ia menuturkan, di tengah pandemi ini penjualan kelom geulis anjlok. Hal ini dikarenakan tidak ada wisatawan yang datang. Maka pihaknya pun hanya mengandalkan penjualan secara online. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.