153 Hektare Lahan di Pakenjeng Kekeringan

56
0
Ilustrasi

PAKENJENG – Dinas Pertanian Kabupaten Garut terus berupaya mengatasi dampak kekeringan lahan pertanian. Salah satu daerah yang saat ini akan dilakukan penanganan yakni Desa Payindangan Kecamatan Pakenjeng.

Di wilayah tersebut banyak lahan pertanian tidak bisa ditanami. “Di wilayah itu ada 153 hektare lahan sudah mengalami kekeringan dalam kategori berat dan lima hektare lahan sudah puso atau gagal panen,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beny Yoga kepada wartawan di kantornya Jumat (30/8).

Menurut dia, untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya bekerja sama dengan polisi, TNI serta pemerintah setempat mencari sumber mata air. “Sekarang kita masih survei dulu. Nanti kalu sudah ada kami akan langsung mengalirkan ke sawah,” ujarnya.

Hasil survei sementara, pihaknya sudah menemukan ada sumber mata air yang bisa mengairi area pesawahan di Kecamatan Pakenjeng. “Untuk teknisnya, kita akan buat bak penampungan dahulu sebelum dialirkan ke sawah maupun kolam ikan masyarakat,” ujarnya. Dia berharap upaya itu petani bisa melakukan aktivitasnya.

Danramil Pakenjeng Lettu Kav Toto Purwanto berharap upaya dari Dinas Pertanian akan membantu para petani yang lahannya mulai kering. “Semoga dengan cara ini bisa membantu para petani mengatasi musim kemarau ini,” ujarnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.