158 Warga Garut Korban Gempa Palu Dipulangkan

6
KOMUNIKASI. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengobrol dengan salah satu warga Garut yang baru pulang dari Palu Senin (8/10). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah memulangkan sebanyak 158 warga Garut yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

“Kurang lebih satu minggu bekerja tim berhasil membawa 158 warga Garut di Palu,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan Selasa (9/10).

Dalam penanganan warga Garut di Palu, pihaknya membentuk tim yang bertugas di Bandara, Setda Garut dan melakukan penyisiran di lokasi bencana di Palu.

“Dari hasil kerja tim, alhamdulilah warga Garut yang ada di sana (Palu) sudah berhasil dievakuasi,” terangnya.

Dalam penjemputan terakhir, tim yang dipimpin Asisten Daerah 1 Didit Fajar Putradi berhasil menjemput sebanyak 20 orang di Makassar menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

“Tim saat ini terus bekerja untuk mendata warga Garut yang masih ada di lokasi bencana,” terangnya.

Sementara itu, pihaknya saat ini masih menampung informasi dari desa-desa dan kecamatan di Kabupaten Garut terkait keberadaan warganya di lokasi bencana.

“Informasi masih kita tampung satu sampai dua hari nanti karena masih banyak yang mau pulang di lokasi kejadian,” ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini masih ada warga Garut yang belum bisa pulang karena berada di wilayah perkampungan. Mereka kesulitan akses transportasi untuk keluar Palu.

“Penerbangan sudah mulai lancar. Kalau andalkan yang gratis susah. Kami biayai para korban untuk pulang,” paparnya. (yna)

loading...