160 Warga Binaan Lapas Kota Banjar dapat Remisi

94
0
Nana Suryana
Nana Suryana

BANJAR – Sebanyak 160 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Banjar mendapat remisi di hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kalapas Banjar Bawono Ika Sutomo mengatakan jumlah warga binaan di Lapas Banjar sampai 17 Agustus ada sebanyak 274 orang. Tahanan 16 orang, narapidana dalam lapas 225 orang dan asimilasi di rumah 33 orang. “Untuk yang 33 orang sedang menjalani asimilasi di rumah atau belum bebas dapat remisi,” ujar dia di Aula Lapas Banjar Senin (17/8).

Dia mengatakan warga binaan yang mendapatkan remisi umum I yakni kasus pidana umum sebanyak 102 orang dan pidana terkait PP 99 sebanyak 55 orang, total 157 orang. Sedangkan remisi umum II alias bebas langsung masa pidana 4 bulan ada 2 orang dan 5 bulan ada 1 orang, sehingga jumlah keseluruhan ada 160 orang.

Baca juga : Pegiat dan Pelaku Seni Kota Banjar Terimbas Dampak Covid-19, Ini Harapannya..

Warga binaan yang tidak diusulkan remisi 17 Agustus sebanyak 65 orang terdiri dari hukum disiplin, gagal PB dan gagal asimilasi 3 orang. Warga binaan yang belum menjalin 6 bulan masa pidana sebanyak 10 orang. Warga binaan yang tidak memenuhi syarat menjalani 1/3 masa pidana 23 orang, remisi susulan 12 orang, kasus teroris 2 orang, tipikor 1 orang dan sedang menjalani subsider 14 orang.

“Ini semua hak warga binaan, tapi tidak semua. Melainkan harus memiliki syarat kelakuan baik dan lainnya. Ini merupakan reward dan perhatian dari negara dengan harapan mereka tidak melakukan kembali melakukan kejahatan,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana menambahkan remisi yang diterima oleh warga binaan harus dimanfaatkan dengan baik. “Tentu ini suatu anugrah yang harus disyukuri bagi warga binaan yang mendapatkan remisi, karena tidak semua bisa mendapatkannya,” pungkasnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.