17.638 Calon Mahasiswa Mendaftar ke Unsil

789
0
USAI WAWANCARA. Wakil Rektor I Unsil Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi usai wawancara di Gedung Pascasarjana Unsil Rabu (26/6). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah ditutup Senin (24/6) pukul 22.00 WIB. Sebanyak 17.638 calon mahasiswa mendaftar ke Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya.

Wakil Rektor I Unsil Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi menyatakan dari pendaftar untuk tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 19.000 pendaftar.

“Penurunan pendaftar sekitar 1.500 calon mahasiswa, angka ini tidak terlalu signifikan dibandingkan penurunan yang terjadi di perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya di Indonesia,” kata dia.

Ia mengatakan, penurunan jumlah pendaftar ini diperkirakan karena adanya perubahan kebijakan dalam SBMPTN tahun ini. “Sesuai aturan tahun ini, pendaftar dapat melihat lebih dulu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk mendaftar di jalur SBMPTN sesuai dengan nilai mereka,” ujar dia.

Ia menerangkan, hasil SBMPTN menunggu pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada 9 Juli. “Dari pendaftar 17.638 akan disaring. Nanti kita sesuaikan daya tampungnya 1.575 mahasiswa baru, berarti hanya 9 persen yang akan diterima,” bebernya.

Ia mengusulkan sistem SBMPTN ke depannya bisa lebih singkat. Saat ini jarak antara ujian LTMPT dan pengumuman SBMPTN selama 20 hari. “Diusulkan lebih singkat tidak memakan waktu lama dan persiapannya lebih ketat lagi,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tahun depan diperkirakan ada aturan mengenai passing grade sehingga bisa mengukur kemampuan calon pendaftar SBMPTN.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerja sama (BAKPK) Unsil Ir H Amir Amilin MP menerangkan perguruan tinggi Unsil Kota Tasikmalaya ini siap menampung 2.580 mahasiswa baru (maba) yang terbagi menjadi tiga jalur. Di antaranya jalur SBMPTN 60 persen, SNMPTN 20 persen dan jalur mandiri 20 persen.

Setelah dilaksanakan SNMPTN dan SBMPTN, tinggal digelar pendaftaran jalur mandiri yang diprediksi jumlahnya akan meningkat. “Seleksi jalur mandiri dilaksanakan 15 Juli sampai 20 Juli,” terangnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.