Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

17 Warga Sukaresik Kabupaten Tasik Calon Penerima Bantuan Perumahan

193
0

SUKARESIK – Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Kecamatan Sukaresik menyosialisasikan hasil verifikasi untuk penerima bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2020 di Desa Banjarsari.

Dari kuota 30 rumah, hanya 17 yang lolos verifikasi dan berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Baca juga : Pemuda Warga Sariwangi Kabupaten Tasik Sembuh dari Corona

Kepala Desa Banjarsari Teteng Mohamad Taufik mengatakan, 17 yang lolos verifikasi merupakan calon penerima bantuan BSPS, karena semuanya sudah memenuhi syarat kriteria penerima.

“Sebanyak 13 calon penerima bantuan tidak lolos verifikasi karena belum sesuai dengan kriteria penerima bantuan. Syarat dan kriteria berdasar pada ketentuan peraturan yang berlaku untuk direkomendasikan mendapatkan bantuan,” ujarnya kepada Radar, Minggu (7/6).

Teteng mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada Kementerian PUPR dalam hal ini melalui DPRKP Kabupaten Tasikmalaya yang telah memberikan 30 kuota bantuan perumahan dalam program BSPS 2020 untuk warga Desa Banjarsari.

“Bantuan ini diharapkan dapat terus berjalan di tahun depan dan bisa membantu warga yang membutuhkan rumah layak huni. Kepada masyarakat penerima bantuan BSPS tahun 2020, diharapkan dapat mengikuti prosedur dan ketentuan UU yang mengatur tentang pelaksanaan BSPS ini,” ucapnya.

Tenaga Fasilitator Lapangan Dian Hasanudin Budiana mengatakan, bahwa hasil verifikasi CPB (calon penerima bantuan) sesuai mekanisme dalam tahapan Program BSPS.

“Setelah melakukan verifikasi lapangan dilanjutkan dengan tahapan rembug hasil verifikasi dan pengorganisasian CPB dengan cara pembentukan kelompok,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai dengan aturan tahapan BSPS, setelah melakukan verifikasi lapangan, langkah selanjutnya yaitu tahapan rembug CPB untuk menyepakati hasil verifikasi dan pengorganisasian CPB dengan cara pembentukan kelompok.

Kemudian, kata dia, dilanjutkan dengan menandatangani kesepakatan sosial yang intinya bersepakat dan berkomitmen mengikuti prosedur yang berlaku dalam melaksanakan tahapan program BSPS.

“Hasil verifikasi ini berdasarkan pada kriteria dan syarat penerima bantuan yang disebutkan dalam aturan Peraturan Menteri PUPR Nomor 08/PRT/M/2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya,” kata dia.

Dian menjelaskan, berdasarkan hasil verifikasi lapangan disepakati bahwa kuota 30 penerima bantuan yang lolos adalah 17.

Baca juga : 1.490 Jamaah Haji Asal Kabupaten Tasik Batal Berangkat

Sebanyak 13 calon penerima bantuan tidak lolos verifikasi karena belum sesuai dengan kriteria penerima bantuan yang disebutkan dalam peraturan yang berlaku.

“Dari hasil verifikasi yang tidak lolos ada di antara CPB yang sudah meninggal dunia, sudah membangun rumahnya, pernah menerima bantuan perumahan, berada di luar kota, jompo, rumahnya sudah permanen dan mengundurkan diri. Hal ini belum sesuai dengan kriteria penerima bantuan yang disebutkan dalam peraturan yang berlaku,” ucapnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.