178 Napi Tak Dapat Remisi

69
0

TAWANG – Sebanyak 178 narapidana di Lapas Klas II B Tasikmalaya dipastikan tidak mendapat remisi di momen Lebaran. Selain karena belum lama menjadi warga binaan, sebagian di antara mereka mendapat sanksi.

Di setiap momen besar, warga binaan Lapas yang berkelakuan baik mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan. Pada Lebaran nanti, Lapas sudah mengajukan napi untuk mendapatkan remisi.

Kasi Pembinaan Lapas Klas II B Tasikmalaya Yudo Adiyuwono menjelaskan, sampai Selasa, 21 Mei 2019 ada sebanyak 386 warga binaan. Untuk remisi Lebaran, pihaknya hanya mengajukan remisi 208 narapidana. “Sudah kita ajukan, untuk kepastiannya nanti biasanya sehari sebelum Lebaran,” ujar dia, Selasa (21/5).

Sementara itu, 178 warga binaan tidak diajukan untuk mendapatkan remisi. Hal itu karena persoalan administrasi serta belum menjalani masa tahanan minimal. “Minimal, bisa dapat remisi itu kalau sudah menjalani masa tahanan enam bulan,” ujarnya.

Namun demikian, diakui Yudo, ada sebagian warga binaan yang tidak diajukan mendapat remisi karena diberi sanksi. Hal itu diterapkan untuk memberikan pembelajaran agar para narapidana menjalani masa tahanan dengan tertib. “Seperti bawa HP itu termasuk pelanggaran berat,” tuturnya.

Remisi menjadi salah satu program yang sangat diharapkan oleh para warga binaan. Seperti Tono Taryono (45), narapidana kasus penggelapan yang berharap dapat potongan masa tahanan. “Saya sudah 10 bulan di sini, insyaallah bisa dapat remisi,” ujarnya.

Dia mengaku sudah ingin segera menghirup udara bebas dan berkumpul bersama keluarganya. Maka dari itu, dia berusaha menunjukkan sikap yang baik selama di dalam Lapas. “Pastinya tidak ingin lama-lama di sini,” katanya.

Di bulan Ramadan, para warga binaan Lapas mendapat banyak rezeki. Seperti halnya kemarin mereka mendapatkan santapan buka puasa dari komunitas sedekah Tasikmalaya yang juga diisi kegiatan tausiah Ramadan. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.