18 Calon Ikut Seleksi Pimpinan Baznas Ciamis

130
1
MEMBUKA. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM membuka seleksi calon pimpinan Baznas periode 2020-2025 di Gedung SMPN 1 Ciamis, Selasa (23/6). ISTIMEWA

CIAMIS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis melakukan seleksi calon pimpinannya untuk periode 2020-2025 di Gedung SMP Negeri 1 Ciamis, Selasa (23/6).

Dalam seleksi tersebut diikuti sebanyak 18 peserta dan dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM.

Baca juga : Angin Kencang Tumbangkan Pohon Hingga Hancurkan Rumah Warga Tambaksari Ciamis

Herdiat berpesan kepada pimpinan Baznas Kabupaten Ciamis yang terpilih bisa berupaya membangun kepercayaan umat, sehingga meningkatkan partisipasi dalam penyampaian zakat dan sedekah.

“Baznas memiliki potensi luar biasa apabila dioptimalkan, salah satunya dengan jumlah penduduk di Ciamis lebih dari 1,3 juta jiwa menjadi potensi pemasukan untuk dikelola oleh Baznas,” ujarnya, menjelaskan.

“Kami berharap ke depannya kepengurusan Baznas yang terpilih harus bisa mengoptimalkan potensi penyerapan zakat, infak dan sedekah di Kabupaten Ciamis, tentunya bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” katanya, menambahkan.

Loading...

Menurutnya, semua peserta yang mengikuti seleksi pastinya sudah memiliki kredibilitas, tapi dikarenakan mekanisme mengharuskan dilakukan seleksi maka prosedur harus tetap dijalankan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus Baznas periode 2015-2020 yang telah memajukan Baznas Ciamis,” ujarnya.

Sekretaris Panitia Seleksi Pimpinan Baznas Kabupaten Ciamis H Muhammad Aip Maptuh mengatakan, tahapan seleksi calon pimpinan Baznas dimulai dengan pendaftaran pada 13 April-18 Juni 2020.

Di mana, dari tahapan tersebut terpilih 18 orang yang lolos secara administratif, ke-18 peserta tersebut dilanjutkan pada tahap seleksi tertulis yang dilaksanakan hari ini Senin 23 Juni. “Sedangkan untuk tes wawancara rencananya akan dilaksanakan Jumat 26 Juni 2020,” ujarnya.

Kata dia, peserta yang hadir ada 16 orang dari 18 peserta yang lolos administratif, dua orang lainnya berhalangan hadir. Seleksi calon pimpinan Baznas Ciamis ini akan memilih lima komisioner baru untuk kepengurusan periode 2020-2025.

“Tentunya secara normatif membutuhkan seleksi calon pimpinan terbaik,” katanya.

Setelah seleksi selesai, kata dia, akan dilakukan rekomendasi kepada Baznas pusat, setelah turun rekomendasi akan dilangsungkan dengan pengesahan SK dan dilantik oleh bupati Ciamis.

“Mengenai pengumuman hasil seleksi pihaknya akan sampaikan 26 Juli nanti,” paparnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ciamis Agus Abdul Khalik mengatakan, diharapkan dengan seleksi ini bisa melahirkan pimpina Baznas yang terbaik.

Sehingga bisa membawa Baznas Ciamis lebih maju yang berdampak terhadap masyarakat.

Menurutnya, Baznas Kabupaten Ciamis telah mencapai prestasi yang luar biasa. Namun, tetap harus mengupayakan terobosan-terobosan zakat dan sedekah.

Baca juga : Bayi 18 Bulan Warga Rancah Ciamis Kanker Mata, Hari Ini Dioperasi di Cicendo

Adapun potensi pemasukan Baznas seperti zakat hasil pertanian, perdagangan, peternakan dan potensi ASN agar mencapai optimal.

Berharap dengan terpilih pimpinan baru ke depannya harus siap menghadapi tantangan dalam meningkatkan pendapatan-pendapatan dari masyarakat Ciamis. “Pimpinan baru ke depan bisa mengoptimalkan pendapatan dari berbagai aspek,” tuntasnya. (isr)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Baznas sebaiknya dioptimalkan, karena ini adalah merupakan aliran rejeki untuk semua warga Ciamis dan membuat lancar dari semua kehidupan warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.