18 Kecamatan Di Ciamis Rawan Bencana

249
0
LONGSOR. Bagian depan rumah Dedi dan Didi di Dusun Ciherang Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih longsor Kamis (28/3).

CIAMIS – Delapan belas kecamatan di Kabupaten Ciamis masuk dalam kategori rawan bencana. Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis memasukan 18 daerah itu ke dalam kecamatan yang memiliki tingkat kerawanan bencana cukup tinggi.

Itu berdasarkan kasus bencana di daerah-daerah itu sejak awal tahun ini sampai kemarin.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya menjelaskan 18 kecamatan rawan bencana itu antara lain, Kecamatan Banjarasari, Banjaranyar, Lakbok, Purwadadi, Pamarican, Cidolog, Cikoneng, Cihaurbeuti, Panumbangan, Sukamantri, Rajadesa, Rancah, Tambaksari, Panawangan, Cisaga, Sukadana dan Cipaku serta Sindangkasih. (Lebih lengkapnya lihat grafis).

“Untuk itu kami imbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan,” ujar Ade Waluya mengimbau.
Terbaru, dua rumah milik Dedi (41) dan Didi (45) di Dusun Ciherang Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih terancam longsor. Tebing di depan rumah mereka sudah longsor.Jarak tembok rumah dengan tebing longsor hanya setengah meter.

Kepala Desa Sukasenang Darus Salim menjelaskan longsor pada Kamis (28/3) itu setelah kawasannya diguyur hujan deras.

“Memang korban tidak sampai mengungsi dan bertahan, namun kami imbau kepada pemilik rumah untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat seringkali musim hujan,” ujarnya.

Dedi (41), pemilik rumah mengaku kaget pada Kamis pagi. Dia yang sedang di dalam rumah mendengar suara gemuruh bersumber dari depan rumah. Ternyata, tebing di depan rumahnya longsor.

“Saya khawatir bila ada hujan lagi bisa longsor susulan lagi, makanya upaya sekarang paling menutup longsoran dengan tanah saja,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.