18 Rumah Dan Sawah Di Ciamis Terendam Banjir

233
0
ISTIMEWA BANJIR. Banjir merendam pemukiman warga di Dusun Talangbanteng dan Dusun Manganti Desa Sidarahayu Kecamatan Purwadadi Senin (20/11).

CIAMIS – Sekitar 100 hektare sawah di Kecamatan Purwadadi terendam banjir dengan ketinggian 50-70 cm kemarin (20/11). Banjir juga merendam 18 rumah warga di Dusun Talangbanteng dan Dusun Manganti Desa Sidarahayu.

“Banjir itu diakibatkan hujan terus menerus dari pagi hingga siang. Hingga terjadi luapan Sungai Cilisung,” ucap Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya saat ditemui di Mako Tagana, Jalan RE Martadinata Kabupaten Ciamis.

Dia menjelaskan penyebab utama banjir adalah pendangkalan Sungai Cilisung. Sehingga, ketika hujan lebat mengguyur wilayah itu dalam waktu cukup lama, air sungai meluap dan merendam sawah serta pemukiman. Bagi warga sekitar, kondisi seperti itu sudah menjadi pemandangan biasa. Hampir setiap musim hujan pemukiman dan sawah mereka terendam. Warga pun tetap bertahan di rumah masing-masing. “Sejauh ini kita ketahui tidak ada yang dievakuasi. Hanya kami menugaskan anggota siaga di sana. Ditakutkan debit air meningkat,” tuturnya.
Untuk sementara, lanjut Ade, air yang menggenangi pemukiman dan sawah sudah mulai surut. Namun tidak menutup kemungkinan akan kembali naik apabila hujan kembali turun. Dia pun mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada mengingat Purwadadi merupakan daerah langganan banjir. “Bila air naik, masyarakat harus segera lapor kepada aparat desa atau anggota Tagana,” pungkasnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.