2.500 Pelanggan PDAM Kota Banjar Nunggak Pembayaran

57
0

BANJAR – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anom Kota Banjar masih kesulitan menangani pelanggan yang menunggak pembayaran. Perusahaan plat merah itu mencatat, pemakaian air bulan Oktober yang harus dibayar pada bulan Novemeber saja masih banyak yang menunggak.

“Masih banyak yang menunggak pembayaran, untuk pemakaian Oktober saja masih ada sekitar 2.500 pelanggan menunggak pembayaran dari jumlah seluruh pelanggan PDAM Se-Kota Banjar sebanyak sepuluh ribu lebih pelanggan. Belum lagi bulan berjalan dari sebelum-sebelumnya,” kata Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah, Jumat (20/11).

Banyaknya pelanggan PDAM yang menunggak mengakibatkan tersendatnya kebutuhan biaya produksi. Padahal, pihaknya tengah meningkatkan pelayanan, baik dari sisi pelayanan air maupun dari sistem pembayaran yang lebih dipermudah.

“Kami terus berupaya supaya jumlah tunggakan pelanggan menurun, kami menyediakan fasilitas pembayaran secara daring melalui sistem transfer maupun pembayaran uang elektronik di toko modern, kantor pos, dan sejumlah aplikasi belanja online. Hal itu supaya mempermudah pelanggan untuk melakukan pembayaran, jadi tidak usah datang ke loket pembayaran PDAM,” kata dia.

Baca juga : Berlangganan Air Bersih PDAM di Kota Banjar Lebih Murah

Soal kendala tunggakan, tambah dia, alasannya masih klasik. Yakni efek dari pandemi Covid-19. Rata-rata, pelanggan yang belum membayar padahal sudah melewati batas maksimal pembayaran beralasan kesulitan penghasilan. Sementara di sisi lain, pelanggan juga membutuhkan air bersih dari PDAM. Mereka tidak mau sambungannya diputus.

“Alasannya karena Covid-19, belum ada uang untuk membayar. Kebanyakan alasannya gitu. Jadi ditunda-tunda. Padahal bagi kami juga jika terjadi keterlambatan akan mempengaruhi kelancaran produksi,” kata dia.

Pihaknya berharap para pelanggan memperhatikan pembayaran secara rutin pada tanggal 20 setiap bulannya. Supaya PDAM bisa lebih maksimal meningkatkan pelayanan air bersih.

“Kita berharap Covid-19 segera berlalu, masyarakat khususnya pelanggan PDAM juga tidak kesulitan mendapatkan penghasilan. Agar lancar pembayaran tagihan airnya,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.