2 Kelurahan di Kota Banjar Usulkan Pemekaran

96
0
Loading...

BANJAR – Masyarakat di dua kelurahan di Kecamatan Pataruman yakni Kelurahan Hegarsari dan Pataruman mengusulkan pemekaran wilayah. Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Banjar, usulan itu masuk dalam Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kota tahun 2018 dan 2019.

“Usulan pemekaran masyarakat kelurahan Pataruman pada tahun 2019, sedangkan kelurahan Hegarsari mengusulkan pada tahun 2018. Namun baru bisa kami akomodir pada tahun 2021 karena anggaran yang sudah disiapkan pada tahun 2020 namun anggarannya di-refocusing,” kata Kabag Tapem Irwan Adhiawan Surya Kusumah di ruang kerjanya, Rabu (16/12).

Ia menjelaskan usulan itu akan diakomodir dengan membentuk tim yang nantinya akan melakukan berbagai proses persiapan, termasuk kegiatan kajian dari usulan itu. Karena untuk pemekaran suatu wilayah perlu kajian yang nantinya akan mentukan layak atau tidaknya kelurahan tersebut dimekarkan.

“Salah satu dasar pemekaran kelurahan ini di antaranya syaratnya jumlah penduduk minimal 8.000 jiwa, kemudian luas wilayahnya minimal 3 kilometer (km) persegi, terdapat 1.600 kepala keluarga dan minimal usia keluarahan lima tahun,” ujarnya.

Baca juga : Tunggakan PDAM Tirta Anom Kota Banjar Membaik

Loading...

Ia menjelaskan jumlah kelurahan saat ini di Kota Banjar sebanyak sembilan. Sementara untuk kajian pemekaran Kelurahan Hegarsari dan Kelurahan Pataruman akan dilakukan tahun depan.

“Dampak baiknya jika dilakukan pemekaran maka pelayanan kepada masyarkat akan lebih dekat dan lebih cepat. Adanya usulan pemekaran ini juga salah satu alasannya, karena masyarakat ingin mendapatkan pelayanan lebih dekat dan lebih cepat di kantor kelurahan,” ujarnya.

Kelurahan Hegarsari dan Pataruman memiliki masing-masing enam lingkungan. Pihaknya mengakui meski hasil kajian layak untuk dimekarkan, namun prosesnya juga akan memakan waktu lama hingga bertahun-tahun. “Proses masih lama, tapi untuk realisasi masih lama kemungkinannya,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.