2 Mahasiswa & 1 Karyawan Pelaku Vandalisme Diringkus Polisi Kota Banjar

611
0

BANJAR – Tiga tersangka, yang terdiri dari 2 mahasiswa dan 1 karyawan di Kota Banjar diringkus tim Polisi Resort Kota Banjar.

Pasalnya, ketiganya terbukti melakukan aksi vandalisme di empat lokasi di kawasan Kota Banjar.

Aksi vandalisme mereka mengarah kepada penghasutan aksi kekerasan, penghinaan kepada pemerintah, dan berita bohong (hoax).

Aksinya dilakukan para tersangka sejak Maret dan awal April 2020. Ketiganya beraksi menuliskan kalimat vandalisma di beberapa beberapa media seperti tembok, bilik warga, dinding kantor desa, dan selebaran kertas fotocopian.

“Satgas gabungan dari intelejen dan jajaran Reskrim Polres Banjar telah berhasil menangkap para tersangka dengan barang bukti pilox, kaos berwarna hitam berisi penghinaan terhadap pemerintah, empat telepon genggam, tujuh buah buku, satu buku catatan, 37 potokopi bertuliskan kapitalisme adalah virus, serta dua unit sepeda motor,” papar Kapolres Banjar, AKBB Yulian Perdana, melalui konferensi pers virtual, Minggu (12/4).

Polisi masih melakukan pengembangan apakah para tersangka itu berkaitan dengan jaringan sama yang ditangkap di Tangerang, atau tidak.

Menurut Kapolres, ketiganya masih berusia muda, ketiganya juga merupakan alumni lulusan yang sama di salah satu sekolah menengah atas di Kota Banjar.

“Ketiganya merupakan warga Kota Banjar. Masih sekitar usia 20 tahunan semuanya,” tegas Kapolres.

Atas aksinya itu, ketiganya dijerat dengan pasal 160 junto pasal 207 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun.

“Atau dikenakan pasal 14, pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun,” tambah Yulain Perdana.

(Cecep Herdi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.