2 Nakes Positif, 2 Puskesmas di Kota Tasik Ditutup

601
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

Dinas Kesehatan menutup Puskesmas Kawalu dan Bungursari untuk sementara waktu. Hal ini berkaitan dengan sebagian tenaga kesehatan yang terkonfimasi positif Covid-19.

Penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya masih terjadi secara signifikan. Dalam satu hari, tercatat ada 155 pasien baru yang terdata.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengatakan penambahan tersebut berasal dari beberapa klaster. Selain klaster pesantren, ditambah dengan hasil tracing yang dilakukan oleh tim surveilans.

“Termasuk tenaga kesehatan juga ada lagi yang positif,” ungkapnya saat ditemui di Hotel Crown, Senin (14/12).

Baca juga : Pilbup Tasik, Hasil Pleno Tingkat Kecamatan, Pasangan No 2 & 4 Beda 7.076 Suara

Loading...

Maka dari itu, pihaknya melakukan penutupan sementara terhadap Puskesmas Kawalu dan Bungursari. Pasalnya, tenaga kesehatan yang positif bertugas di fasilitas kesehatan tersebut. “Ada 10 nakes (tenaga kesehatan) yang positif,” tuturnya.

Disinggung kemungkinan sumber penularan tenaga kesehatan itu, bisa memang saat aktivitas di luar atau saat memberikan pelayanan. Namun petugas akan melakukan penelusuran aktivitas mereka beberapa hari ke belakang. “Dengan siapa mereka ketemu akan kita tracing terus,” ujarnya.

Penanganan untuk pasien positif dari tenaga kesehatan, kata dr Uu, lebih diprioritaskan. Pasalnya, hal itu berdampak pada pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Apalagi yang berhubungan dengan penanganan Covid-19, ketika harus isolasi tentu menurunkan efektivitas pelayanan,” tuturnya.

Dengan penambahan kasus baru tersebut, total kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya sudah mencapai 1.556. Dari jumlah tersebut, 937 orang diantaranya masih berstatus pasien aktif.

Namun di sisi lain, tingkat kesembuhan pun cukup tinggi di hari yang sama. Tercatat ada 130 pasien sembuh yang didominasi dari klaster pesantren.

Saat ini, tambah dr Uus, kasus positif Covid-19 belum sampai pada puncaknya. Penambahan kasus masih bisa terus terjadi seiring dengan tracing yang dilakukan petugas. “Mudah-mudahan dengan penamabahan sarana isolasi bisa meminimalisir potensi penularan,” pungkasnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.