2 Puskesmas di Kota Tasik Jadi Pilot Project Program WASH SDGs dari SNV

45
0
PENGHARGAAN. Perwakilan SNV Indonesia wilayah Tasikmalaya Dadang Ahmad Hidayat (kiri) memberikan penghargaan kepada dua puskesmas pilot projects di Kota Tasikmalaya yaitu Urug dan Tamansari di Graha Pena Radar Tasikmalaya, Kamis (10/12). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya
PENGHARGAAN. Perwakilan SNV Indonesia wilayah Tasikmalaya Dadang Ahmad Hidayat (kiri) memberikan penghargaan kepada dua puskesmas pilot projects di Kota Tasikmalaya yaitu Urug dan Tamansari di Graha Pena Radar Tasikmalaya, Kamis (10/12). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya
Loading...

CIHIDEUNG – SNV, Netherlands Development Organitation bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Radar Tasikmalaya memberikan penghargaan kepada dua puskesmas pilot project yakni Puskesmas Urug dan Tamansari di Graha Pena Radar Tasikmalaya, Kamis (10/12).

Keduanya mendapat penghargaan, dalam mendukung program Water, Sanitation and Hygiene – Sustainable Development Goals (WASH SDGs) atau mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan terhadap perawatan air, sanitasi,dan kebersihan di fasilitas kesehatan masyarakat.

Perwakilan SNV Indonesia wilayah Tasikmalaya, Dadang Ahmad Hidayat mengatakan program WASH SDGs ini untuk menuju sanitasi aman. Sehingga dibuatkan program proyek percontohanbagi Puskesmas Urug dan Tamansari selama September-Desember 2020.

“Keduanya memiliki pelayanan kepada masyarakat dari ketersediaan tempat cuci tangan, jamban sehat, kebersihan tempat medis dan lainnya,” ujarnya.

“Kriteria WASH SDGs untuk Puskesmas Urug dan Tamansari ini memenuhi persyaratannya sehingga bisa diberikan penghargaan untuk stimulan,” tambahnya.

Loading...

Fokus program WASH SDGs di Kota Tasikmalaya, kata dia, sebagai bentuk tanggung jawab adanya keterlibatan sektor pelayanan kesehatan seperti puskesmas yang ikut memperhatikan terhadap kondisi air, sanitasi, dan kebersihan di masyarakat.

“Tujuannya untuk memetakan dan memahami bagaimana puskesmas dalam memprioritaskan keterlibatan mengedukasi masyarakat. Khususnya mengatasi solusi terhadap masalah air, sanitasi dan kebersihan,” ungkapnya.

Sanitarian Puskesmas Urug, Ropik Taufik Hidayat mengaku terbantu adanya program SNV WASH SDGs yang mendorong puskesmas untuk memberikan akses layanan sanitasi yang lebih baik. “Karena bisa membimbing puskesmas agar terus berbenah menyediakan air bersih dan sanitasi mudah,” terangnya.

Dia pun bersyukur menjadi pilot projects program dari SNV. Sehingga mendapatkan penghargaan capaian peningkatan layanan air bersih, sanitasi dengan sensor dan kebersihan. “Semoga ke depannya, kita bisa terus menjadi teladan masyarakat dalam memberikan contoh sanitasi bersih,” tandasnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.