2 Sungai Meluap, 6 Kecamatan di Garut Banjir, Bupati kirim 10 Ton Beras

215
0
radartasikmalaya.com
Rumah dan kendaraan milik warga usai terendam air sungai yang meluap, Senin (12/10). foto: yana taryana/ rakyat garut

GARUT – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Garut mengakibatkan Sungai Cilauteureun di Kecamatan Cibalong dan Sungai Cipalebuh di Pameupeuk meluap hingga menyebabkan banjir di 6 kecamatan Senin (12/10).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sopian mengatakan, akibat kejadian ini, ribuan rumah di bantaran sungai tersebut terendam. “Untuk korban jiwa tidak ada, hanya kerusakan saja,” ujarnya.

Untuk saat ini, kata dia, tim dari BPBD sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir bandang ke kantor kecamatan Pamengpeuk dan Cibalong.

“Warga sudah dievakusi. Saat ini kami masih melakukan pendataan warga yang terdampak ini,” katanya.

Tubagus mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan khususnya warga di daerah rawan bencana longsor dan banjir ditengah tingginya intensitas curah hujan.

Terpisah, Bupati Garut Rudy Gunawan mengklaim sedikitnya ada enam Kecamatan yang terendam banjir bandang akibat luapan sungai Cipalebuh dan dua Kecamatan terparah diantaranya Pamengpeuk dan Cikelet.

“Kami segera mengirimkan bantuan logistik berupa 10 ton beras dan lauk pauknya ke dua kecamatan terparah di landa banjir bandang,” ujarnya.

Selain banjir menurut Rudy beberapa kecamatan juga dilanda longsor dan pergerakan Tanah seperti di Kecamatan Pendeuy.

“Ada 17 kecamatan yang masuk dalam siaga rawan bencana, baik banjir, longsor, pergerahkan tanah hingga potensi gempa megatrust,” paparnya.

(yana taryana)

Berita Terkait :
Cibalong & Pemeungpeuk Garut Diterjang Banjir Bandang

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.