2 Wisatawan Tenggelam di Pantai Pangandaran, Begini Kondisinya setelah Diselamatkan Balawista

2506
0

PANGANDARAN – Satgas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran menyelamatkan dua wisatawan yang terseret arus di kawasan Pantai Barat Pangandaran, Selasa (29/01/19).

Korban pertama, Dea(25), wisatawan asal Ciamis yang berenang di zona berbahaya, tepatnya di kawasan pos 4 penjaga pantai.

“Korban terseret arus sampai ke tengah laut. Beruntung terlihat petugas kami di lapangan yang langsung melakukan tindakan penyelamatan,” tutur Asep Kusdinar, Sekretaris Satgas Balawista kepada Radar.

Dikatakannya, korban berenang di area yang memiliki arus bawah laut cukup kencang, dimana lokasi tersebut merupakan zona berbahaya yang ditandai bendera merah.“Korban tidak menggunakan alat bantu berenang seperti ban dan papan selancar, sehingga saat terbawa arus kesulitan menyelamatkan diri,” ujarnya.

Proses evakuasi berlangsung dramatis, sejumah anggota Balawista berjibaku dengan ombak dan arus bawah laut untuk meraih korban.

“Alhamdulillah korban berhasil diselamatkan. Kondisinya sempat syok karena kelelahan dan banyak minum air laut,” ujarnya.

Beberapa saat kemudian, kecelakaan laut kembali terjadi. Yuli(18), wisatawan asal Bandung pingsan saat berenang di kawasan Pos 3 Pantai Barat Pangandaran.

“Korban kedua ini pingsan saat berenang, mungkin karena kelelahan. Korban sudah ditangani petugas dan kondisinya berangsur membaik,“ ujarnya.

Asep mengimbau agar wisatawan tetap waspada dan memperhatikan rambu-rambu yang ada di pantai.

“Jangan berenang di area berbahaya, dan gunakan alat bantu berenang. Kondisi badan juga perlu diperhatikan, jangan memaksakan diri bermain air jika badan sedang tidak fit,” ungkapnya. (nay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.