20.000 Pohon Ditanam di Hulu Citanduy

119
0
ISTIMEWA MENYERAHKAN. Komunitas Jangkar Ecovillage menyerahkan bibit pohon kepada masyarakat Desa Mekarsari, Desa Guranteng dan Desa Tanjungkerta, Minggu (15/12).

PAGERAGEUNG – Komunitas Jangkar Ecovillage membagikan 20.000 bibit tanaman yang di antaranya akan ditanam di Hulu Sungai Citanduy, Minggu (15/12). Penanaman pun dilakukan di beberapa kecamatan di Tasik Utara.

Ketua Jangkar Ecovillage Karom SPDi MM mengatakan, pembagian bibit tanaman tersebut tersebar di empat kecamatan di wilayah Tasik Utara. “Semua menyebar di 21 desa yang ada di Kecamatan Kadipaten, Pagerageung, Sukaresik dan Ciawi,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, bibit tanaman itu di antaranya buah petai, mangga, jambu, alpukat, pala dan jenis lainnya. Kegiatan penanaman ini dilakukan untuk mengkonservasi hutan yang berada di Hulu Sungai Citanduy, dengan harapan di samping memberikan nilai ekologis juga berdampak pada nilai ekonomis. “Pola yang dibangun adalah agroforestry, di mana dalam satu kawasan atau bidang lahan ditanami berbagai jenis tanaman,” katanya.

Pola ini, kata dia, sangat efektif untuk melakukan kegiatan di lahan milik masyarakat. Dengan demikian masyarakat tidak menunggu lama panen kayu, tapi bisa panen dalam waktu dua tahun dari tanaman kopi dan buah-buahan.

Lanjut dia, pihaknya mengapresiasi Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Citanduy yang memfasilitasi dan memberikan bibit untuk dibagikan kepada masyarakat. “Mudah-mudahan ke depan program ini bisa terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi,” katanya. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.