20.280 UKM di Kota Banjar Diusulkan Dapat Bantuan PEN Tahap II Rp2,4 Juta

666
0

BANJAR – Bidang Koperasi dan UMKM telah selesai menyortir data pengusul untuk bantuan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Bantuan modal sebesar Rp 2,4 juta itu banyak diminati pelaku UKM. Tercatat pada tahap kedua, sebanyak 49.235 pengusul atau UKM mendaftarkan diri.

Namun lebih dari 50 persennya dicoret oleh Dinas KUKMP Banjar lantaran beberapa pengusul datang dari luar Kota Banjar.

“Hasil sortiran dari 49.235 UKM menjadi 20.280 UKM. Itu yang diusulkan ke pusat. Karena program PEN ini dananya dari pusat. Langsung ditransfer ke nomor rekening bank penerima,” ucap Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar Tatang Nugraha, Rabu (11/11).

Ia menyortir data kartu tanda penduduk (KTP) non Banjar, kemudian usulan yang tidak lengkap dan keliru, contohnya pengusul mengisi kolom nama malah dengan nama warung. Kemudian pengusul yang sudah mendapatkan PEN tahap pertama dicoret ketika terdata di usulan tahap kedua.

“Ada juga yang dicoret karena tidak mencantumkan nomor handphone, dan pendaftaran double yang lebih dari tiga kali juga ada. Usulan ini tadi pagi (kemarin, Red) sudah diusulkan ke pusat di teruskan ke Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat, dan BPKP Perwakilan Jawa Barat,” ucapnya.

Sebelumnya, pada program PEN tahap pertama, sekira 17 ribu UKM dari 25 ribu UKM yang diusulkan telah mendapatkan bantuan modal sebesar Rp 2,4 juta. UKM yang telah mendapat bantuan pada tahap pertama dipastikan tidak akan mendapat bantuan PEN tahap kedua.

“Tahap pertama kami mengusulkan sekitar 25 ribu UKM namun yang fix mendapat bantuan sekira 17 ribu UKM,” tutur Tatang. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.